Kompas.com - 28/06/2022, 14:34 WIB
|

KOMPAS.com - Pada ajang internasional Oil Rig Design Competition yang diadakan oleh Universiti Teknologi Mara, Malaysia, mahasiswa UPN “Veteran” Yogyakarta (UPN Jogja) meraih juara I.

Para mahasiswa Jurusan Teknik Perminyakan UPN Jogja ini terdiri dari Mohammad Chaerul Umam, Angelica Catharine Zefanya, Nur Ilham Tarsila, Chrismenjdo Frento Jonas Aponno, dan Farrel Muhammad Dhaffa.

Menurut Ketua Tim, Mohammad Chaerul Umam, oil rig adalah bangunan di lepas pantai yang berfungsi sebagai pendukung eksplorasi dan eksploitasi tambang.

Baca juga: UPN Jogja Masih Buka Jalur Nilai UTBK dan Bela Negara 2022, Ini Infonya

Dalam kompetisi ini para peserta ditantang untuk menciptakan desain yang aplikatif, ekonomis, dan ramah lingkungan.

Ada beberapa tahapan yang harus dilalui, seperti mengirim Blueprint Oil Rig Design, 3D Video Oil Rig Design, hingga Virtual Oil Rig Design Presentation.

"Tim kami membawa berbagai inovasi. Kami menggunakan artificial intelligence, machine learning, dan internet of thing pada rig agar dapat memproduksi minyak dan gas dengan aman serta efektif," ujarnya dikutip dari laman UPN “Veteran” Yogyakarta, Senin (27/6/2022).

Dijelaskan, inovasi yang dibawa juga berfungsi untuk mengindari masalah operasi, seperti kegagalan alat. Masalah tersebut akan membuat waktu operasional tidak produktif dan mengurangi nilai ekonomis.

Membawa nama Tim Meridian, Umam mengaku seluruh anggota telah memiliki persiapan yang cukup matang karena mereka telah mengikuti berbagai kompetisi serupa di Indonesia.

Baca juga: Mobil Berbahan Bakar Kimia Inovasi Mahasiswa UPN Jogja Raih Prestasi Internasional

Mereka terus melakukan perbaikan dalam hal model rig, inovasi, serta kemampuan presentasi. Kritik dan masukan dari dosen, rekan, serta juri-juri profesional sebelumnya telah menambah pengetahuan dan semangat mereka untuk berkompetisi.

"Sistem perlombaan yang diadakan di kampus Indonesia juga tidak jauh berbeda sehingga kami bisa beradaptasi dengan baik dalam perlombaan ini," papar Umam.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.