Kompas.com - 09/06/2022, 13:01 WIB
|

KOMPAS.com - Pada ajang Indonesia Chemical Reaction Car Competition (ICRCC) 2022, mobil berbahan bakar kimia inovasi mahasiswa Teknik Kimia UPN “Veteran” Yogyakarta (UPN Jogja) meraih prestasi.

Yakni berhasil meraih Top 7 Race dan Most Favorite Video Profile. ICRCC 2022 sendiri adalah salah satu ajang internasional terbesar dan merupakan kompetisi tahunan yang digelar Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Melansir laman UPN Jogja, Rabu (8/6/2022), tim Antasari UPN Jogja terdiri dari Zaki Hasan Nur Rohman sebagai ketua tim, dan anggota lainnya yakni M. Agung Izzulhaq, Rafi Sianjanna Putra, Alnamas Yoga Saputra, Thalita Qothrunnada Imani, dan Puput Yugiani.

Baca juga: Mahasiswa UPN Jogja Inovasi Limbah Ikan untuk Budidaya Hidroponik

Pada kompetisi tersebut, para peserta yang terdiri atas mahasiswa diharuskan mendesain dan merancang sebuah mobil yang memanfaatkan reaksi kimia untuk bergerak sesuai jarak yang ditentukan (tanpa melewati batas dan tetap bergerak pada garis lurus) sambil membawa beban tertentu.

Tujuan dari kompetisi tersebut adalah untuk menunjukkan kemampuan dan mengontrol suatu reaksi kimia serta menjaga keseimbangan beban sehingga dapat berjalan lurus di titik yang dimaksudkan.

Race Competition pada karya peserta dilaksanakan pada 29 Mei 2022 sedangkan Awarding dilaksanakan pada tanggal 4 Juni 2022.

Bahan kimia tidak berbahaya

Pada kompetisi tersebut, Tim Antasari menciptakan sebuah mobil yang diberi nama Antasari Kairos.

Zaki Hasan Nur Rohman selaku ketua tim menjelaskan, Antasari Kairos merupakan mobil generasi ke-5 dari tim Antasari dimana mobil tersebut menggunakan sistem pressure gas dan bahan kimia yang tidak berbahaya.

Baca juga: Di IISMA 2022, 4 Mahasiswa UPN Jogja Lolos Seleksi

"Dari sistem pressure gas tersebut yang dikombinasikan dengan rangkaian mobil kimia dapat menjalankan mobil kimia sesuai jarak yang ditentukan," ujarnya dikutip dari laman UPN Jogja.

Hasilnya, tim antasari berhasil menempati posisi Top 7 Race dengan perolehan score 94,28 persen. Mereka menempatai urutan 7 dari 23 tim yang lolos ke final.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.