Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa President University Bangun Mobil Listrik EGO

Kompas.com - 27/06/2022, 22:03 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Mahasiswa President University program studi (Prodi) Teknik Mesin (Mechanical Engineering) memperkenalkan mobil listrik yang diberi nama EGO (Electric GoKart) di kawasan industri Jababeka, Cikarang, Jawa Barat, Senin (27/6/2022).

Saat ini, teknologi mobil listrik (Electric Vehicle) sudah banyak dikembangkan oleh berbagai perguruan tinggi terkemuka di Indonesia, salah satunya adalah President University sebagai universitas bertaraf internasional yang memiliki lembaga research & development.

Baca juga: Kisah Celline, Lulus Sarjana Kedokteran Unair pada Usia 19 Tahun

EGO adalah mobil listrik yang dibentuk President University Electric Vehicle Team (Tim Pengembangan Mobil Listrik) sejak 2016 silam di bawah tanggung jawab Dr. En. Lydia Angraini selaku Kaprodi Teknik Mesin (Mechanical Engineering).

Dr. Lydia merupakan doktor lulusan dari Ritsumeikan University, Kyoto, Jepang. Tidak perlu diragukan lagi yang merupakan satu-satunya perempuan Indonesia dari 80 orang yang mendapat beasiswa Monbukagakusho dari Jepang.

Konsep awal pengembangan mobil listrik didesain untuk mengikuti Lomba Belmawa Ristekdikti Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI).

Pada desain prototipe yang dikembangkan, adalah untuk mampu mengurangi beban dari frame agar dapat membuat baterai lebih efisien.

Pada sistem transportasi terkini terdapat perkembangan dalam penggunaan energi listrik sebagai pengganti bahan bakar fosil, yang diketahui mampu mengurangi Emisi Gas Rumah Kaca (GRL = CO2).

"Proyek mobil listrik ini, sejalan dengan keinginan untuk membantu menyukseskan program pemerintah terkait dengan pengembangan energi baru terbarukan dan energi konservatif," kata Dr. Lydia dalam keterangannya, Senin (27/6/2022).

Baca juga: Calon Mahasiswa, UGM Buka 3.552 Kuota Lewat Jalur Seleksi Ini

Dia menyebut, proyek mobil listrik ini dikerjakan oleh tim dosen Prodi Teknik Mesin President University, terdiri dari praktisi industri yang didukung oleh akademisi, antara lain 1 Profesor dan 5 Doktor.

Salah satunya yang memegang peranan penting adalah Nanang Ali Sutisna bersama keterlibatan beberapa mahasiswa, antara lain adalah Marwan Nabildan (ME, Batch 2019) dan M. Fachri Maulana (ME, Batch 2018).

Tim Pengembangan Mobil Listrik President University diharapkan dapat mampu mengevaluasi mulai dari tahap desain perancangan, tahap uji coba performance yang meliputi enam kategori.

Yakni, traksi mobil, percepatan, pengereman, slalom, kecepatan, dan efisiensi, hingga tahap perbaikan yang diperlukan berdasarkan hasil uji coba tersebut.

Proses pengerjaannya telah dimulai sejak akhir Oktober 2021 hingga saat ini. Dengan total waktu sekitar 8 bulan, terbagi ke dalam working group, pengerjaan manufacturing sasis, bodinya, dan sistem kelistrikannya.

Baca juga: Mata Bayi Sering Berair, Ini Penjelasan Dokter Unair

Nanang menambahkan, proses selanjutnya adalah membuat prototipe mobil listrik ini untuk bisa dibuat mobil untuk publik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com