Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unesa Siap Buka Jalur Fast Track, Kuliah S1-S2 Hanya 5 Tahun

Kompas.com - 30/05/2022, 12:51 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Universitas Negeri Surabaya (UNESA) berencana mengadakan perkuliahan sistem fast track untuk S1 dan S2.

Dengan skema ini, artinya mahasiswa yang masuk kategori bisa menempuh program S1 langsung S2 sekaligus.

Sehingga, dalam waktu lima tahun atau 10 semester, mahasiswa bisa langsung lulus magister.

Hal itu, disampaikan Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Bambang Yulianto, dalam webinar series Pascasarjana Unesa beberapa waktu lalu.

Baca juga: UGM Buka Jalur Prestasi D4-S1 2022, Ada Beasiswa UKT 8 Semester

Menurut Guru Besar Linguistik itu, karena kuliah fast track terbilang jalur khusus tentu kurikulumnya dan pembinaan khusus, pembelajarannya khusus, pembiayaannya pun khusus.

“Kita akan merangkul S-1 dan S-2 dalam satu sistem pendidikan. Itu perlu dirancang dan perlu pemikiran mendalam untuk menyiapkannya,” kata Bambang seperti dilansir dari laman Unesa.

Bambang menambahkan, mengacu pada beberapa kampus lain dalam dan luar negeri serta berdasarkan pertimbangan kebutuhan saat ini.

Ada dua skema fast track yang bisa dilakukan di Unesa. Pertama, S1 dan S2 dalam negeri.

Bisa S1 dan S2 di Unesa, bisa juga S1 di Unesa dan S2 di kampus lain dengan prodi yang linear. Kedua, S1 di Unesa dan S2 di kampus luar negeri.

Untuk sampai ke sana, Unesa perlu menyiapkan banyak hal bagi program ini. Pertama kesiapan prodi S1 dan prodi Pascasarjana Unesa.

Baca juga: UI Buka Skema Baru Penerimaan Mahasiswa S1 2022 lewat Jalur Prestasi

Kedua, menjalin kerja sama atau berkoordinasi dengan perguruan tinggi mitra dalam dan luar negeri yang memiliki prodi terkait.

Ketiga, merancang kurikulum termasuk sistem pembelajaran dan pembinaannya.

“Selain program fast track untuk S1 dan S2. Ke depan juga direncanakan program double degree baik untuk program magister maupun doktor dengan perguruan tinggi luar negeri,” ucapnya.

Program fast track banyak di perguruan tinggi luar negeri. Di Indonesia, sudah ada beberapa kampus yang menerapkan sistem kuliah fast track ini, termasuk Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada hingga ITB.

“Yang jelas perlu dipersiapkan terlebih dahulu secara matang, mulai dari kurikulum termasuk skema kerja samanya dengan mitra, itu penting. Tujuannya bukan hanya untuk menyediakan sistem kuliah cepat, tetapi juga memastikan generasi yang memiliki keunggulan bisa belajar lebih cepat dengan jalur dan treatment yang tepat pula,” paparnya.

Baca juga: Beasiswa S2-S3 di Malaysia 2022, Tunjangan Rp 5 Juta Per Bulan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com