Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lulusan 5 Jurusan Kuliah Ini Banyak Dibutuhkan di Era Metaverse

Kompas.com - 01/04/2022, 10:34 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Selain memahami minat dan bakat, mengetahui prospek karier bisa menjadi pertimbangan calon mahasiswa dalam memilih jurusan kuliah.

Terlebih, mulai lima tahun ke depan banyak pekerjaan yang diprediksi akan tergantikan oleh mesin karena semakin pesatnya teknologi.

Sehingga bagi kamu siswa kelas 12 yang sedang memilih jurusan kuliah, prospek kerja di tahun 2025 menjadi hal juga perlu dipertimbangkan.

Dirangkum oleh DQLab Universitas Multimedia Nusantara (UMN), terdapat beberapa pilihan jurusan yang bisa kamu pilih karena lulusannya banyak dibutuhkan oleh perusahaan di era metaverse.

Baca juga: 10 Pekerjaan yang Bakal Naik Daun di Indonesia 5 Tahun Mendatang

1. Teknik Informatika (TI)

Di era digital, jurusan Teknik TI kini semakin dibutuhkan oleh beberapa perusahaan dan salah satu jurusan yang paling umum dekat dengan Data Science.
Secara umum, perusahaan menggunakan data-driven akan membutuhkan kemampuan akademis untuk membantu memproses serta menganalisis data dengan baik.

Umumnya jurusan ini akan mempelajari mengambil dan mengolah Big data serta mempelajari ilmu seputar Data Science.

Mengingat, hampir seluruh lini perusahaan sudah menerapkan data-driven, maka dibutuhkannya seorang lulusan jurusan TI untuk membantu mengolah dan mengolah data dengan baik serta membantu mencari solusi.

2. Ilmu Komputer

Adapun jurusan lainnya yang akan sangat dibutuhkan di era metaverse, yaitu Ilmu Komputer.

Studi Ilmu Komputer merupakan jurusan yang menggunakan komputer dan proses komputasi untuk membangun sebuah situs web, data mining, dan juga merancang dengan menggunakan analisis matematis.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Universitas Indonesia di SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri

Pada era metaverse, seorang yang memiliki latar belakang pendidikan Ilmu Komputer akan membantu perusahaan untuk melakukan sebuah experience yang menggunakan kekuatan komputasi (computing).

Dengan demikian, studi Ilmu Komputer akan sangat dekat pengetahuan Data Science serta prinsip-prinsip ilmu komputer dan kinerja komputer.

3. Desain Komunikasi Visual

Di industri digital tidak hanya data dan penerapannya saja yang dibutuhkan, namun juga dibutuhkannya seorang yang dapat merancang sebuah busana, aksesoris hingga desain visual unik yang digunakan dalam dunia metaverse.

Pada Jurusan Desain Komunikasi Visual mahasiswa akan belajar konsep komunikasi dan mengungkapkannya secara visual dengan menggunakan beberapa elemen-elemen kreatif dengan tujuan tertentu, seperti mempelajari menafsirkan makna warna atau bentuk gaya hingga membuat desain untuk web yang interaktif.

Baca juga: Biaya Kuliah Kedokteran 2022: UGM, UI, Undip, Unpad

4. Ilmu Komunikasi

Studi Ilmu Komunikasi kini menjadi studi yang semakin penting di berbagai organisasi, dan bahkan menjadi jurusan yang memiliki banyak peminat serta perhatiannya di era digital ini.

Kini, ada istilah lain dalam studi ilmu Komunikasi yaitu Digital Marketing. Di mana para digital marketer akan memasarkan produk atau layanan serta memberikan informasi melalui kanal digital dengan menggunakan Big Data.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com