Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemendikbud Ristek: Ini 4 Rekomendasi Metode PJJ

Kompas.com - 04/01/2022, 14:57 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Pemerintah kini telah mengimbau agar sekolah menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Tetapi, PTM terbatas juga masih dikombinasikan dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Hal ini berlaku bagi sekolah yang masih berada dalam wilayah berisiko tinggi akan kasus Covid-19. Tak hanya itu saja, orangtua yang belum mengizinkan anaknya ikut PTM terbatas maka dilakukan PJJ.

Oleh karena itu, diperlukan sebuah referensi metode pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama masa pandemi Covid-19.

Baca juga: Nadiem Makarim: 3 Dampak Negatif Akibat PJJ Berkepanjangan

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (PAUD Dikdasmen) Kemendikbud Ristek memberikan rekomendasi metode PJJ melalui Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran PAUD Dikdasmen di Masa Pandemi Covid-19.

Melansir laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, Selasa (4/1/2022), ini 4 rekomendasinya:

Pembelajaran mandiri

Jika pembelajaran jarak jauh, peserta didik dapat melakukan self paced atau pembelajaran mandiri.

Guru bisa membagikan video-video pembelajaran, bahan bacaan, ataupun sumber belajar lain yang dapat dipelajari secara mandiri oleh peserta didik.

Namun, pembelajaran mandiri tentu perlu mendapatkan pendampingan dan juga pengawasan dari guru.

Baca juga: Siswa, Ini Lho 8 Makanan Peningkat Daya Ingat

Tugas kontekstual

Untuk tugas kontekstual dapat mengasah kemampuan peserta didik dengan menghadapkan secara langsung persoalan yang terjadi di lapangan.

Pemberian tugas yang terkait dengan persoalan, potensi dan narasumber yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggal peserta didik.

Sebagai contoh, guru bisa memberikan tugas kontekstual kepada peserta didik untuk melakukan pengamatan terhadap fenomena vaksinasi remaja. Hal yang harus diingat adalah penekanan terhadap protokol kesehatan ketika melakukan pengamatan.

Tugas kolaborasi

Tugas kolaborasi adalah sebuah metode untuk mengasah keterampilan kerja sama antar siswa. Guru akan memberikan tugas kepada sekelompok peserta didik untuk mengerjakan proyek atau tugas yang membutuhkan sebuah kolaborasi dalam penyelesaiannya.

Salah satu contoh dalam penerapan tugas kolaborasi adalah penugasan kelompok kepada peserta didik untuk membuat sebuah proyek video kreatif.

Nantinya video kreatif dari berbagai kelompok peserta didik dapat diunggah di platform media sosial.

Refleksi personal

Selain ketiga metode sebelumnya, metode PJJ yang bisa dilakukan adalah refleksi personal. Tentunya penting bagi guru untuk mengetahui umpan balik dari peserta didiknya.

Mengenali, menandai, dan menilai upaya dan capaian belajar yang telah dicapai untuk menentukan langkah perbaikan atau pengembangan selanjutnya.

Baca juga: Siswa Ingin Jaga Imunitas Tubuh, Ini 5 Rempah Populer Berikut Manfaatnya

Refleksi dilakukan secara personal dengan pemberian pertanyaan reflektif yang diberikan guru kepada peserta didik. Hal ini bermanfaat guna mengevaluasi pembelajaran yang telah diberikan oleh guru bagi peserta didik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com