Kompas.com - 04/01/2022, 14:57 WIB

KOMPAS.com - Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 telah dimulai. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) resmi membuka Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri (PTN) untuk tahun 2022, Selasa (4/1/2022).

Ketua LTMPT, Mochamad Asari mengatakan sejumlah hal terkait pendaftaran Akun LTMPT sebagai langkah pertama untuk bisa mendaftar di SNMPTN 2022, SBMPTN 2022 maupun Jalur Mandiri PTN 2022.

Asari mengatakan ada sedikit pergeseran jadwal registrasi Akun LTMPT bagi siswa yang sebelumnya dilakukan mulai 4 Januari 2022.

Baca juga: Lulus SNMPTN 2022, Bisakah Calon Mahasiswa Ikut SBMPTN? Ini Kata LTMPT

Ia menjelaskan, siswa baru dapat mulai membuat Akun LTMPT mulai 10 Januari 2022. Sementara, registrasi akun LTMPT yang dibuka mulai hari ini, 4 Januari 2022 adalah pembuatan akun untuk sekolah.

Masa pembuatan akun baik bagi sekolah maupun siswa dilakukan hingga 15 Februari 2022.

 

Asari juga menjelaskan sejumlah aturan di SNMPTN 2022, salah satunya ialah bila sudah lulus SNMPTN, maka calon mahasiswa sudah tidak bisa lagi mendaftarkan diri di UTBK SBMPTN. Aturan ini masih sama dengan tahun sebelumnya.

"(Calon mahasiswa) yang sudah dinyatakan lulus SNMPTN, sudah lulus ya, diterima, itu tidak boleh ikut mendaftar SBMPTN, kecuali yang tidak lulus boleh mendaftar," paparnya dalam Konferensi Pembukaan Penerimaan Mahasiswa Baru 2022.

Ketua Pelaksana LTMPT, Budi P. Widyobroto mengatakan, masih ada sejumlah calon mahasiswa yang diterima di SNMPTN namun tidak mendaftar ulang di PTN.

"Akibatnya tidak diizinkan mendaftar UTBK SBMPTN. Padahal banyak PTN dan PTS yang membuka jalur mandiri dengan syarat harus mengikuti UTBK SNMPTN," tambah Budi.

Baca juga: Jadwal SBMPTN 2022, Cek Materi Ujian dan Biaya UTBK 2022

Budi mengatakan, tak sedikit kasus di mana siswa memilih prodi maupun PTN yang kemungkinan diterimanya besar, tetapi ternyata prodi tersebut tidak sesuai dengan passion, sehingga saat dinyatakan lolos, siswa tersebut tidak mendaftar ulang.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.