Kompas.com - 04/01/2022, 13:25 WIB
Konferensi Pers Pembukaan Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2022. Dok. LTMPTKonferensi Pers Pembukaan Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2022.

KOMPAS.com - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) resmi membuka Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri (PTN) untuk tahun 2022, Selasa (4/1/2022).

Ketua LTMPT, Mochamad Asari mengatakan LTMPT masih akan mengelola tiga jalur masuk PTN yaitu SNMPTN, SBMPTN dan jalur Mandiri PTN.

Terkait pembuatan Akun LTMPT Asari mengatakan ada sedikit pergeseran jadwal bagi siswa. Siswa baru dapat mulai membuat Akun LTMPT mulai 10 Januari 2022.

Sementara untuk 4 Januari 2022 adalah pembuatan akun untuk sekolah. Masa pembuatan akun bisa dilakukan hingga 15 Februari 2022.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Kedokteran di UI, UGM, Undip, Unpad, Unair

"Siswa diwajibkan membuat akun baru. Sekolah bisa menggunakan akun lama bila sudah membuat," papar Asari dalam konferensi pers daring Pembukaan Penerimaan Mahasiswa Baru 2022.

Untuk SBMPTN, Asari mengatakan akan ada tes Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Jadwal penting registrasi akun LTMPT berlangsung 14 Februari hingga 17 Maret 2021. Calon mahasiswa yang sudah lulus tahun sebelumnya dapat mengikuti seleksi ini.

"UTBK akan dilakukan dua gelombang dan dilakukan setelah lebaran agar bisa konsentrasi saat puasa," terang Asari.

Plt Direktur Jenderal Diktiristek Kemendikbud Ristek, Nizam mengatakan pada 2021 tes masuk PTN berjalan lancar hampir tanpa masalah meski berada di tengah pandemi dan menjelang puncak pandemi.

"Anak-anak kita dari SMA mengikuti tes secara langsung dan Alhamdulillah tidak ada klaster Covid-19," kata Nizam dalam sambutan.

Baca juga: Cara Daftar KIP Kuliah Merdeka dan Besar Bantuan, Calon Mahasiswa Cek

Meski kini kondisi penularan sudah sangat rendah, lanjut Nizam, namun harus tetap waspada dan berhati-hati untuk penyelenggaraan di tahun 2022.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.