Kompas.com - 04/01/2022, 11:36 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Diponegoro (Undip) mempersiapkan secara sungguh-sungguh agar lima program studi (Prodi) yang dikelolanya bisa masuk dalam daftar akreditasi internasional.

Kelima Prodi di FIB Undip yang dipersiapkan go international adalah Prodi S1 Sastra Inggris, S1 Bahasa dan Kebudayaan Jepang, S1 Ilmu Perpustakaan dan Informasi, S2 Linguistik, dan S2 Sejarah.

Baca juga: Undip Bidik 6 Prodi FISIP Raih Akreditasi Internasional pada 2022

Dekan FIB Undip, Nurhayati mengatakan, tekad untuk membawa lima prodi meraih akreditasi internasional sejak awal 2022.

"Adapun lembaga akreditasi yang dijadikan partner adalah Foundation for International Business Adminitration Accreditation (FIBAA) yang berpusat di Jerman," ujar dia melansir laman Undip, Selasa (4/1/2022).

Nurhayati berharap kelima prodi tersebut bisa menyusul keberhasilan Prodi S1 Sejarah dan Prodi S1 Sastra Indonesia yang telah berhasil meraih akreditasi internasional FIBAA per tanggal 26 November 2021.

"Kami pilih FIBAA karena merupakan lembaga akreditasi internasional yang terdaftar di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) untuk penjaminan dan pengembangan kualitas dalam pendidikan tinggi," ungkap dia.

Menurut dia, untuk lolos akreditasi Internasional memang tidaklah mudah.

Namun jajaran seluruh sivitas akademika Undip, mulai dari dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, alumni, dan stakeholder didukung Rektor dan Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2MP) optimis mampu meraih target tersebut.

Baca juga: Kemendikbud Ristek: 264.704 Sekolah Jalani PTM Terbatas 100 Persen

Dengan akreditasi Internasional, dia berharap menjadi penguat membawa FIB Undip menjadi fakultas riset yang unggul di Asia Tenggara pada tahun 2025.

Tekad tersebut sekaligus sebagai penegasan mendukung Undip sebagai World Class University (WCU).

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.