Kompas.com - 03/01/2022, 07:15 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Diponegoro (Undip) terus memantapkan diri sebagai salah satu fakultas yang diakui secara Internasional, dengan menargetkan sebanyak enam (6) program studi (prodi) pada 2022.

Keenam prodi yang dicanangkan meraih akreditasi internasional itu adalah S1 Administrasi Publik (AP), S1 Ilmu Pemerintahan (IP), S2 Magister Ilmu Politik (MIPOL), S2 Magister Ilmu Komunikasi (MIKOM), S2 Magister Administrasi Publik (MAP), dan S3 Doktor Ilmu Sosial (DIS).

Baca juga: UNS Kukuhkan Guru Besar Termuda Usia 37 Tahun

Tekad tersebut dinyatakan setelah dua prodi yang ada di lingkungannya, S1 Ilmu Komunikasi dan S1 Administrasi Bisnis, berhasil mendapatkan akreditasi Internasional dari Foundation for International Business Administration Accreditation (FIBAA).

FIBAA merupakan lembaga akreditasi Internasional Jerman pada November 2021.

Dekan FISIP Undip Hardi Warsono menyatakan, perolehan akreditasi internasional dari FIBAA memantapkan langkah Undip sebagai World Class University (WCU).

"Semoga pencapaian ini menjadi kontribusi untuk Undip dan Indonesia," ucap dia, melansir laman Undip, Senin (3/1/2022).

Adapun untuk persiapan enam prodi yang akan bersiap menuju akreditasi Internasional pada tahun 2022, Dr Hadi menyampaikan sudah membetuk tim khusus yang bertugas mengerjakan persiapan penilaian ini.

Yakni, menyediakan fasilitas Internasional, menyediakan dokumen full english, penyediaan program-program Internasional, menyiapkan sarana pembelajaran akademik Internasional baik pertemuan tatap muka, daring, dan hybrid, serta menyiapkan website dalam bahasa Inggris untuk semua kegiatan akademik.

"Harapannya ke depan kualitas pendidikan dan kompetensi semakin baik," jelas dia.

Hardi menyampaikan, selain memperoleh akreditasi internasional untuk dua prodi pada 2021, FISIP Undip juga meraih prestasi dunia, yakni masuk rangking top dunia pada Quacquarelli Symonds World University Rankings (QS WUR 600+5) berdasarkan bidang ilmu (by subject).

Baca juga: Epidemiolog Unair: 4 Karakteristik Varian Omicron Beda dengan Lainnya

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.