Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisuda Ke-78 Untar, Presiden Jokowi: Untar Jadi Kekuatan Besar Lahirkan Entrepreneur

Kompas.com - 29/11/2021, 09:30 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Tarumanagara (Untar) sukses menggelar wisuda ke-78 secara pass-through dan daring pada 27-28 November 2021 di Jakarta Convention Centre, Senayan, Jakarta.

Wisuda ke-78 diikuti 1.340 wisudawan lulusan program Sarjana, Profesi, Magister, dan Doktor secara hybrid setelah memperoleh izin penyelenggaraan dari Pemerintah dan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Presiden Joko Widodo secara khusus memberikan sambutan dalam wisuda Untar kali ini dan menyebut Untar sebagai kekuatan besar yang telah turut berkontribusi dalam melahirkan entrepreneur di Indonesia.

“Untar telah melahirkan lebih dari 100.000 alumni yang berkarya di berbagai bidang, di dalam maupun luar negeri," ungkap Presiden Jokowi.

"Hal ini menjadi kekuatan besar untuk mendorong lahirnya para entrepreneur di berbagai daerah yang mampu menciptakan lapangan kerja baru agar berdampak bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tegas Presiden.

Pembelajar sepanjang hayat

Membuka Sidang Terbuka, Rektor Untar Prof. Agustinus Purna Irawan memberikan ucapan selamat kepada semua wisudawan dan ucapan terima kasih atas kepercayaan orangtua mengirimkan putra-putrinya menempuh pendidikan tinggi di Untar.

Melalui proses pembelajaran berkualitas yang mengedepankan nilai-nilai Integritas, Profesionalisme, dan Entrepreneurship (IPE), Untar berharap dapat memberi bekal tidak saja kemampuan akademik, tetapi juga kemampuan non-akademik (soft skill), serta meningkatkan kompetensi di berbagai bidang.

“Belajar sepanjang hayat merupakan hal sangat penting agar meningkatkan pengetahuan, pengalaman, dan kompetensi," pesan Prof. Agustinus.

"Berperan secara aktif untuk kemajuan bangsa dan negara dengan membagikan pengetahuan dan kompetensi yang dimiliki, sangat diperlukan oleh masyarakat luas,” tambah Rektor Untar.

Baca juga: Dies Natalis Ke-15 UMN, Presiden Jokowi: Penting Perkuat Technopreneur

Dalam kesempatan sama, Kepala LLDikti III Prof. Agus Setyo Budi menyampaikan para lulusan telah menunjukkan diri sebagai generasi muda yang dapat dibanggakan dan diharapkan mampu membangun bangsa Indonesia menjadi lebih baik.

"Terima kasih kepada Untar atas kerja keras dalam membimbing mahasiswa dan mahasiswi terutama mengembangkan kemampuan hard skill dan soft skill melalui berbagai program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)," tambah Prof. Agus.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com