Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisuda President University: Pentingnya Lahirkan Lulusan Inovatif dan Adaptif

Kompas.com - 19/10/2021, 12:38 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com -  President University (PresUniv) menggelar wisudanya ke-16 dan menjadi wisuda online kedua pada Minggu, 16 Oktober 2021. Prosesi wisuda dipimpin langsung Rektor PresUniv, Prof. Jony Oktavian Haryanto.

Tahun ini, PresUniv mengangkat tema “Enhancing Young Professionals’ Resilience in Addressing Challenges during the Global Pandemic”. Pemilihan tema mengingat masih banyaknya tantangan masa pandemi Covid-29.

Terkait itu, PresUniv telah melakukan berbagai upaya untuk membekali mahasiswanya agar tetap dapat bersaing di dunia kerja maupun dunia usaha.

Untuk kali ini hampir 1.000 Sarjana (S-1) dan Pasca Sarjana (S-2) diwisuda. Dari seluruh wisudawan, sebanyak 138 lulusan berhasil meraih gelar summa cum laude, magna cum laude, dan cum laude.

Wisuda kali ini juga bertepatan dengan usia PresUniv yang memasuki tahun ke-20 atau dua dasawarsa.

Dalam sambutannya, Prof. Jony Haryanto mengingatkan saat ini dunia modern terus bergerak semakin maju dan persaingan menjadi semakin ketat. Persaingannya bahkan tidak hanya melibatkan sesama manusia, tetapi juga dengan mesin atau robot.

“Oleh karena itu, segenap lulusan dituntut untuk terus kreatif, terus berinovasi dan tak berhenti mengasah keterampilannya, bekerja lebih tekun dan lebih berdedikasi. Hanya dengan cara seperti posisi manusia menjadi tak bisa digantikan oleh mesin dan robot,” pesannya.

Baca juga: Sukses Gelar Wisuda Luring, Itenas Bandung Buktikan Upaya Peningkatan Kampus

Universitas didorong adaptif dan inovatif

Wisuda tahun PresUniv tahun ini dihadiri secara virtual Menparekraf Sandiaga Uno dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Dalam sambutan dan pesannya kepada seluruh wisudawan, Sandiaga Uno menegaskan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif diharapkan menjadi mesin penggerak pemulihan ekonomi nasional.

“Agar bisa mewujudkan hal tersebut, ada tiga strategi kunci yang perlu diterapkan, yakni inovasi, adaptasi dan kolaborasi,” tegas Sandiaga.

Kepada segenap wisudawan PresUniv, Sandiaga Uno juga berpesan, “Jangan ragu untuk memajukan industri pariwisata dan ekonomi kreatif. Sebab sektor ini sangat strategis dan sangat penting, serta mampu membuka lapangan kerja yang seluas-luasnya.”

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com