Kompas.com - 19/10/2021, 12:38 WIB
Ilustrasi pemulihan pasca-serangan stroke. Dok. GogomallIlustrasi pemulihan pasca-serangan stroke.
|

KOMPAS.com - Salah satu penyakit ini banyak diderita oleh masyarakat di Indonesia. Karena itu, penting sekali upaya pencegahan sejak dini.

Adapun penyakit itu ialah stroke, penyakit yang termasuk ke dalam kedaruratan dalam ilmu penyakit saraf. Maka, golden time period penanganan stroke merupakan hal yang sangat penting untuk didapatkan dalam menangani penyakit stroke.

Golden time period atau waktu terbaik untuk menangani penyakit stroke terletak pada kurang lebih 4 jam pertama setelah gejala stroke pertama kali muncul. Ini menjadi salah satu penentu kesembuhan pasien stroke tersebut.

Baca juga: Doktor Baru UGM Edukasi Pasien Hipertensi untuk Tekan Risiko Stroke

Jika pasien stroke dapat ditangani dalam golden time period penanganannya maka kemungkinan pemulihan akan lebih besar dan hasil pemulihan akan lebih baik atau tanpa cacat.

Untuk menangani penyakit stroke, Rumah Sakit Akademik (RSA) Universitas Gadjah Mada (UGM) telah mempersiapkan fasilitas dan pelayanan mumpuni untuk memperoleh hasil terbaik.

Menurut Dokter sepesialis saraf RSA UGM, dr. Farida Niken Astari Nugroho Hati, M.Sc., Sp.S., pasien stroke yang dibawa ke RSA UGM akan mendapat prioritas penanganan di IGD RSA UGM.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Pasien stroke nanti akan diberi prioritas karena akan menentukan masa depan (kesembuhan) pasien," ujar dokter Niken dalam talkshow melalui kanal Youtube RSA UGM pada Senin (18/10/2021).

Dijelaskan, para tenaga medis di RSA UGM sudah dilatih untuk menangani pasien stroke tersebut.

Baca juga: Akademisi Unair Ciptakan Alat Rehab Medik untuk Stroke

Tidak hanya itu, setiap fasilitas di RSA UGM yang diperlukan dalam penanganan penyakit stroke pun sudah diintegrasikan, mulai dari IGD, fasilitas CT Scan, laboratorium, dan lain sebagainya.

"Atau dengan kata lain, RSA UGM sudah menyiapkan manajemen penanganan medis secara cepat dan tanggap," ucapnya dikutip dari laman UGM.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.