Akademisi Unair Ciptakan Alat Rehab Medik untuk Stroke

Kompas.com - 22/12/2020, 17:48 WIB
Ilustrasi stroke ShutterstockIlustrasi stroke
|

KOMPAS.com - Seseorang yang sudah terkena penyakit stroke maka harus menjalani pengobatan. Tak hanya itu saja, penderita stroke juga harus mendapatkan rehabilitasi medik.

Biasanya, pasien stroke harus rehabilitas medik di rumah sakit dengan bantuan perawat dalam melatih gerakan menggunakan alat yang ada.

Namun, perawatan dan akomodasi itu tentu membutuhkan banyak waktu dan biaya. Apalagi menyangkut biaya, maka pasien yang kekurangan dana akan mengalami kendala.

Terkait hal itu, dr. I Putu Alit Pawana, Sp.KFR, Dr. Riries R, ST. MT., bersama tim bekerja sama dengan rumah sakit Dr. Soetomo menemukan alat exoskeleton rehab medik.

Baca juga: Pakai Limbah Nasi, Mahasiswa Vokasi Unair Ciptakan Hand Sanitizer Alami

Melansir laman Universitas Airlangga ( Unair), Selasa (22/12/2020), exoskeleton adalah suatu alat rehabilitas medik yang dipasang di bagian tubuh untuk meningkatkan kemampuan.

Menurut Ketua tim penelitian Dr. Riries, diciptakannya alat exoskeleton rehab medik bertujuan untuk melatih anggota gerak yang disfungsi akibat serangan stroke.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa anggota tubuh gerak sebagai fokus utama terutama pada bagian lengan.

Lengan dipilih karena pada sebagian besar masalah stroke pasien memiliki disfungsi pada anggota gerak tersebut.

"Exoskeleton itu berbasis robotik dan kita mencoba untuk mengaplikasikan pada medis terutama pada rehab medik," ujarnya.

Alat ini generasi ketiga

Ternyata, alat rehab yang telah diteliti sejak 2018 tersebut telah memiliki tiga generasi dengan pengembangan yang berkelanjutan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X