Kompas.com - 19/10/2021, 18:27 WIB
Universitas Negeri Semarang (Unnes) membuka peluang bagi ribuan calon mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN 2021. Tangkap layar laman Universitas Negeri Semarang.Universitas Negeri Semarang (Unnes) membuka peluang bagi ribuan calon mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN 2021.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Kemajuan teknologi mempermudah beberapa kegiatan masyarakat di masa pandemi Covid-19.

Meski sejumlah perguruan tinggi sudah melaksanakan perkuliahan tatap muka terbatas tapi sentuhan teknologi tidak ditinggalkan begitu saja. Perguruan tinggi juga menyelenggarakan perkuliahan model hybrid learning dan blended learning.

Universitas Negeri Semarang (Unnes) termasuk perguruan tinggi negeri yang melakukan kuliah tatap muka.

Menurut Rektor Universitas Negeri Semarang Prof. Fathur Rokhman, Senin (18/9/2021) Unnes memulai perkuliahan tatap muka di tengah situasi new normal dengan menerapkan model pembelajaran hybrid.

Baca juga: Pakar UGM Beri Tips Cegah Pencurian Data Pribadi dari Aplikasi Pinjol

Kuliah tatap muka dengan model hybrid di Unnes

Prof. Fathur mengatakan, PTM baru bisa digelar setelah status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Semarang turun ke level 2.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dengan adanya surat edaran dari Mendikbud Ristek nomor 4, tanggal 13 September 2021 dan level PPKM telah turun, Unnes bisa menggelar perkuliahan tatap muka dengan model pembelajaran hybrid," urai Prof. Fathur seperti dikutip dari situs resmi Unnes, Selasa (19/20/2021).

Prof. Fathur menerangkan, perkuliahan tatap muka terbatas yang sedang dilaksanakan telah melewati mekanisme 3 tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan pemantauan.

Pada tahap awal, lanjutnya, Unnes berkoordinasi dengan satgas Covid-19 setempat, testing dan tracing berkala, lulus vaksinasi, dan menerapkan protokol kesehatan ketat. Selanjutnya Unnes mendapatkan rekomendasi dari Satgas Covid-19 Kota Semarang.

Baca juga: Mahasiswa UNY Gagas E-konseling Berbasis Game bagi Korban Pelecehan

Pembelajaran hybrid jadi ruang terbuka merdeka belajar

Rektor menambahkan, Unnes melalui UPT TIK telah menyiapkan IT untuk mendukung proses pembelajaran hybrid dengan mengutamakan kesehatan. Model pembelajaran hybrid di Unnes menjadi ruang terbuka merdeka belajar.

"Mahasiswa dipersilahkan memilih perkuliahan secara daring atau luring. Peserta perkuliahan luring harus menerapkan protokol yang ketat," ungkap rektor.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.