Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisuda Daring 2021, UMJ Luncurkan Beasiswa Peduli Yatim Piatu Terdampak Covid-19

Kompas.com - 16/08/2021, 12:08 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) pada 14 Agustus 2021 menggelar wisuda secara daring kedua selama masa pandemi setelah wisuda daring pertama digelar pada bulan November 2020.

Yang menarik, dalam wisuda 2021 UMJ sekaligus  meluncurkan "Beasiswa Peduli" yang khusus diperuntukkan bagi siswa lulusan MA/SMA/SMK yang ditinggalkan orangtua akibat terpapar Covid-19.

"Dengan semangat Teologi Al-Ma’un yang mengajarkan bahwa tangan di atas lebih baik dari tangan di bawah. Beasiswa ini murni urusan empati dan peduli. Beasiswa ini adalah bentuk kemanusiaan kami,” ungkap Rektor UMJ Ma’mun Murod, dalam seremoni wisuda virtual di di Auditorium UMJ, Ciputat, Tangerang Selatan.

Ma'mun Murod mengungkapkan, tahun ini Beasiswa Peduli diberikan kepada 142 siswa-siswi lulusan Madrasah Aliyah, Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan yang ditinggal wafat salah satu atau kedua orangtuanya karena terpapar Covid-19.

Baca juga: Siswa Sekolah Penerbang Angkatan 98 Terpadu Ikuti Rangkaian Wisuda

 

Sebelumnya, jelas Rektor UMJ, kebijakan beasiswa diberikan UMJ dalam merespon masa pandemi Covid-19 ini sudah diawali dengan kebijakan beasiswa terkait Covid dalam dua model beasiswa.

Beasiswa pertama diperuntukkan untuk Warga Persyarikatan Muhammadiyah berupa potongan biaya kuliah sebesar 50 persen di semester pertama hingga ke tiga, dan semester empat hingga ke delapan sebesar 30 persen.

Sementara beasiswa kedua, untuk masyarakat umum, diberikan potongan sebesar 50 persen di semester pertama hingga semeter kedua.

Dalam kesempatan sama, Wakil Rektor III Misriandi menjelaskan, pemberian sebanyak 142 Beasiswa Yatim Piatu merupakan penggabungan angka 76 dan 66.

“Angka 76 merupakan usia kemerdekaan Indonesia tahun ini , dan angka 66 merupakan usia UMJ tahun ini," ungkap Misriandi.

Dengan semangat HUT ke-76 RI dan Milad UMJ ke-66, UMJ meluncurkan program 142 beasiswa yang secara khusus diperuntukan bagi putra-putri lulusan MA/SMA/SMK yang berstatus yatim, piatu atau yatim piatu,” jelas Misriandi.

Wisuda daring ke-2 kalinya selama pandemi ini merupakan wisuda untuk Program Doktor ke-4, Program Magister ke-42, Pogram Spesialis ke-1, Program Sarjana ke-73, dan program Diploma yang menghantarkan 1.612 wisudawan.

Dua orang tahfiz dari Fakultas Agama Islam dan Fakultas Kedokteran dan satu mahasiswa dari Fakutlas Kesehatan turut menjadi peserta wisuda daring bersama wisudawan terbaik Brenda Dinda Salsabila yang meraih IPK 4.00 dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMJ.

Dalam wisuda tahun ini, UMJ meluluskan tiga orang sarjana Diploma III, 1.397 wisudawan program Sarjana S1, 140 wisudawan program magister, lima wisudawan Program Doktor, dan 16 wisudawan Program Spesialis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com