Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisuda Virtual UNJ, Rektor: Segenap Sivitas Akademika Harus Berpandangan Jauh ke Depan

Kompas.com - 14/10/2021, 12:24 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menggelar wisuda virtual tahun akademik 2020/2021 yang diselenggarakan secara virtual melalui Zoom dan live streaming melalui kanal YouTube Edura TV.

Tahun Akademik 2020/2021 ini, UNJ mewisuda 3.069 lulusan berasal dari Program Ahli Madya (D3), Sarjana (S1), Magister (S2) hingga Doktoral (S3).

Mengangkat tema “Strategi Percepatan Universitas Negeri Jakarta Menuju PTNBH”, Rektor UNJ Prof. Komarudin dalam sambutannya menjelaskan, tema ini diangkat dalam rangka meneguhkan identitas UNJ dalam menghadapi lima tantangan besar, yaitu: pandemi Covid-19, Revolusi Industri 4.0, Society 5.0; Merdeka Belajar Kampus Merdeka, dan Global Competitiveness Index (GCI).

"Untuk menjadi perguruan tinggi besar, terdepan, dan bereputasi tinggi, maka segenap civitas academica UNJ harus mempunyai cita-cita dan pandangan jauh ke depan," tegas Prof. Komarudin.

Terkait hal itu, Rektor UNJ menyampaikan pesan kepada para wisudawan bahwa tugas pendidikan sesungguhnya adalah membangun keteladanan-kebijaksanaan atau akhlak. Hal ini harus diposisikan di atas iptek, terlebih dalam menghadapi tantangan era disrupsi saat ini.

"Dengan kesarjanaan yang diraih dan dikukuhkan hari ini, semoga semakin menguatkan keluhuran akhlaq kita, terdepan dalam membela kaum yang lemah-membutuhkan, dan dapat berkontribusi untuk bangsa serta negara," pesan Rektor UNJ.

Baca juga: Wisuda UT Malaysia: Pekerja Migran Diajak Tidak Berhenti Belajar

Adapun rincian wisuda lulusan UNJ untuk tahun ajaran 2020/2021 terdiri atas

  1. Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), jumlah wisudawan sebanyak 304 wisudawan;
  2. Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), jumlah wisudawan sebanyak 381 wisudawan;
  3. Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA), jumlah wisudawan sebanyak 215 wisudawan;
  4. Fakultas Ilmu Sosial (FIS), jumlah wisudawan sebanyak 483 wisudawan;
  5. Fakultas Teknik (FT), jumlah wisudawan sebanyak 565 wisudawan;
  6. Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK), jumlah wisudawan sebanyak 322 wisudawan;
  7. Fakultas Ekonomi (FE), jumlah wisudawan sebanyak 391 wisudawan;
  8. Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi), jumlah wisudawan sebanyak 209 wisudawan;
  9. Pascasarjana, jumlah wisudawan sebanyak 199 wisudawan

Dalam kesempatan sama Rektor UNJ kembali menekankan, UNJ harus mampu beradaptasi dan merespon lima tantangan tersebut, salah satunya melalui transformasi menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH).

Lebih lanjut Prof. Komarudin menambahkan sebagai PTN di Ibukota dan memperoleh Akreditasi Unggul, UNJ memiliki potensi besar menjadi PTNBH. "Untuk mewujudkan harapan ini, dibutuhkan komitmen, sinergitas, dan strategi yang tepat," jelas Prof. Komarudin.

Sejalan tujuan tersebut, Ptof. Komarudin menyampaikan, pihaknya dari hari ke hari semakin memantapkan diri dengan berbagai raihan prestasi yang ditorehkan seperti, pengukuhan 25 Guru Besar terbanyak secara nasional. 

Baca juga: Angkat Tema Budaya Lokal Madaka, LaSalle College Gelar Wisuda 2020/2021

Dari sisi kemahasiswaan, pada periode Januari-September 2021 mahasiswa UNJ meraih sebanyak 401 prestasi. Termasuk pada PON XX Papua pada 2-15 Oktober 2021, sebanyak 78 mahasiswa, 84 alumni dan 23 dosen UNJ berpartisipasi pada kegiatan tersebut.

Pada gelaran PON XX 2020 Papua ini, berdasarkan perhitungan medali secara perorangan, mahasiswa dan alumni UNJ telah menyumbangkan 49 medali emas, 31 perak, dan 34 perunggu, tutur Prof. Komarudin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com