Kompas.com - 11/11/2021, 10:06 WIB
|

KOMPAS.com - Generasi muda harus melek digital. Tak hanya yang tinggal di daerah perkotaan saja, tetapi semua anak muda di seluruh Indonesia kini harus memiliki kompetensi di bidang digital.

Terkait hal itu, Jaringan Pegiat Literasi Digital (Japelidi) bekerja sama dengan U.S Consulate General Surabaya menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) secara daring dengan peserta siswa SMU di 10 Kabupaten, Sabtu-Minggu (6-7/11/2021).

Adapun programnya bernama Penguatan Kecakapan Digital untuk Generasi Muda di Indonesia Timur. Maka pesertanya dari wilayah Indonesia Timur.

Baca juga: Siswa, Ini 5 Danau Terbesar Indonesia yang Indah

Menurut Ras Amanda selaku koordinator program, FGD di 5 provinsi ini bertujuan untuk memetakan sekaligus menggali kebutuhan generasi muda daerah Indonesia Timur berkaitan dengan kompetensi literasi digital.

"Program ini selain membawa misi yang sesuai dengan misi Japelidi juga harus mampu membumikan kompetensi literasi digital untuk generasi muda Indonesia Timur," terang Amanda yang juga dosen Udayana.

Dijelaskan, proses FGD sendiri dilakukan secara terpisah di setiap provinsi. Japelidi menurunkan tim FGD yang terdiri dari fasilitator, notulis, dan peneliti. Setiap FGD mengundang 12 siswa di setiap provinsi.

Adapun pesertanya dari sekolah-sekolah yang dipilih yakni SMAN 6 & SMAN 15 Maluku Selatan, SMAN 7 Buru Selatan, SMAN 1 Karang Intan Banjarmasin, SMAN 1 Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut.

SMAN 1 dan SMAN 14 Gowa, SMAN 1 Pare-Pare, SMAN 2 Amlapura dan SMK PGRI Amlapura Kabupaten Bangli, SMAN 1 Susut, SMAN 2 Bangli, SMKN 1 Bangli, SMAN 1 Komodo Labuan Bajo, dan SMAN 1 Amarasi Barat Kabupaten Kupang.

Baca juga: Siswa, Ini Asal-usul Bahasa Indonesia

Pengalaman menarik disampaikan oleh tim FGD di NTT Lestari Nurhajati mengemukakan temuan sementara.

"Kami melihat mereka tertarik dengan pendalaman tentang mendesain Konten Kampanye Etika, Budaya dan Aman bermedia digital. Pilar skill mereka tidak bermasalah. Tapi kita akan analisis dahulu lebih dalam," kata Lestari, dosen Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.