Kompas.com - 11/11/2021, 09:56 WIB

KOMPAS.com - Keterbatasan biaya tak semestinya menjadi halangan bagi calon mahasiswa untuk mendapatkan pendidikan hingga jenjang tertinggi karena tersedianya banyak peluang beasiswa. Ada sejumlah beasiswa yang diberikan pemerintah Indonesia setiap tahun, mulai dari jenjang S1, S2 maupun S3.

Tak hanya menanggung biaya kuliah, sejumlah beasiswa juga memberikan bantuan biaya hidup selama mahasiswa menjalani perkuliahan di dalam maupun luar negeri sesuai dengan jenis dan kebijakan beasiswa.

Bagi kamu calon mahasiswa, dapat mempersiapkan diri dan berkas yang dibutuhkan untuk mendaftar beasiswa yang dibuka seiring dengan penerimaan mahasiswa baru.

Baca juga: Siswa, Ikuti Tryout UTBK Gratis dan Cek Peluang SBMPTN 2022 di Sini

Berikut tiga beasiswa pemerintah Indonesia yang paling populer karena memberikan pembiayaan penuh, merangkum Quipper Campus:

1. Beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah

Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah dapat digunakan untuk mendapatkan akses melanjutkan pendidikan tinggi. Tak hanya untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), KIP Kuliah juga terbuka untuk jalur seleksi mandiri Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Pembukaan pendaftaran KIP Kuliah biasanya dimulai pada bulan Februari setiap tahunnya. Dimulai dengan membuat akun lalu mendaftar sesuai dengan jalur masuk PTN maupun PTS.

Terdapat beberapa syarat khusus yang ditetapkan pemerintah untuk mendapatkan beasiswa tersebut, salah satunya adalah keterbatasan ekonomi.

Penerima KIP Kuliah adalah siswa SMA atau sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulus 2 tahun sebelumnya. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah.

Baca juga: Lulusan 8 Kampus Ini Cepat Dapat Kerja, Ada Kampus Kamu?

Serta lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada Prodi dengan Akreditasi A atau B, serta dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C.

2. Beasiswa Unggulan Kemendikbud Ristek

Beasiswa Unggulan yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) adalah salah satu beasiswa favorit. Pendaftaran biasanya dibuka pada bulan Juni atau Juli setiap tahun.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.