Kompas.com - 11/11/2021, 06:07 WIB
Ilustrasi daratan benua Asia. SHUTTERSTOCK/Johan SwanepoelIlustrasi daratan benua Asia.
|

KOMPAS.com - Bagi yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi tentu butuh persiapan. Salah satunya mengenali potensi diri serta minat dan bakat yang disesuaikan dengan jurusan kuliah.

Jika kamu belum menentukan jurusan kuliah, tapi apakah kamu senang mengamati cuaca atau mempelajari tentang bumi dan gejala-gejalanya?

Maka bisa mengambil jurusan kuliah yang satu ini, yakni jurusan atau Prodi Meteorologi di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Baca juga: Ini 4 Kunci Sukses Memilih Jurusan Kuliah

Apa itu Meteorologi? Ilmu tentang meteor? Tentu saja bukan. Melansir laman ITB, Meteorologi adalah ilmu yang mempelajari tentang bumi dan gejala-gejalanya, yang terkait dengan komponen bumi yang berupa gas atau biasa disebut udara.

Semua orang mengetahui cuaca dan iklim dapat sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia. Contohnya saja petani menentukan musim panen dengan melihat cuaca dan iklim, pengetahuan ini sudah diketahui oleh nenek moyang kita sejak lama.

Tentu, banyak yang tidak dapat menjelaskan hal tersebut secara ilmiah. Dengan adanya ilmu meteorologi, hal itu dapat dijelaskan secara logis.

Seperti gejala-gejala alam lainnya seperti puting beliung, angin topan, juga akan dipelajari pada Jurusan Meteorologi ITB.

Tak hanya mempelajari mengapa bencana alam tersebut terjadi, namun juga mempelajari apa yang dapat dilakukan oleh manusia untuk menanggulangi dan meminimalisir dampak dari bencana alam tersebut.

Ternyata, ilmu meteorologi juga terkait dengan ilmu-ilmu lainnya. Misalnya dengan ilmu Arsitektur. Dengan pengetahuan para ahli meteorologi, maka para arsitek dapat mendesain bangunan-bangunan sesuai dengan kondisi iklimnya.

Sebagai contoh di Eropa, karena sering terjadi salju bahkan badai, maka bangunan-bangunan atapnya dibuat dengan kemiringan yang besar agar salju yang tidak sempat menumpuk di atas tetapi cepat meluncur ke bawah.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.