Kompas.com - 10/11/2021, 18:45 WIB
Ilustrasi mahasiswa SHUTTERSTOCKIlustrasi mahasiswa

KOMPAS.com - Sama seperti belajar bahasa Inggris, memahami bahasa coding dan pemrograman juga tak kalah penting untuk perkembangan karier di era digital.

Kini, semakin banyak data yang perlu dianalisis perusahaan untuk mengembangkan bisnis, sehingga membutuhkan sumber daya untuk membantu pengelolaan data tersebut. Dengan demikian, dibutuhkan banyak calon talenta data untuk membantu menyambut revolusi industri 4.0.

Bahasa coding sendiri merupakan salah satu sub ilmu Data Science yang menerjemahkan bahasa manusia ke dalam bahasa komputer, dapat berupa angka, huruf atau simbol yang ada di komputer.

Baca juga: 9 Rumus Excel yang Sering Digunakan di Dunia Kerja, Mahasiswa Wajib Tahu

Berikut sejumlah alasan mengapa mahasiswa maupun fresh graduate perlu belajar bahasa coding tanpa memandang latar belakang jurusan atau pendidikan, merangkum DqLab UMN:

1. Menanamkan critical thinking

Dalam melakukan coding, salah satu skill yang akan terus diasah adalah critical thinking. Karena kamu akan diminta untuk menganalisis data menjadi sebuah data yang bermanfaat.

Pada proses analisis, critical thinking akan membuat kamu menganalisis suatu data secara masuk akal dan tidak bias. Kamu akan belajar konsep listing atau membuat sebuah daftar pro dan kontra secara kritis.

2. Mampu membuat data menjadi suatu yang bernilai

Memasuki era digital di mana hampir seluruh manusia menggunakan internet, setiap menit hingga dalam hitungan detik saja, ada banyak data yang diproduksi.

Adapun bahasa coding menjadi salah satu cara mengubah sebuah data menjadi nilai berguna seperti menciptakan aplikasi yang bermanfaat dan membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sebagai contoh aplikasi ojek online, aplikasi gim, aplikasi belanja daring, dan lainnya.

Baca juga: Mahasiswa Dapat Rp 9 Juta Per Semester, Ini Cara Daftar KJMU Tahap II 2021

Dengan memahami bahasa coding, kamu berkesempatan untuk membantu memudahkan aktivitas banyak orang.

3. Tingkatkan peluang kerja

Kini, hampir semua perusahaan di berbagai sektor sudah mulai mencari sumber tenaga yang terampil dalam bahasa coding, karena aktivitas mereka sudah berbasis digital dan tidak semua orang dapat memahami data dengan benar.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.