Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Belajar Bahasa Coding untuk Karier, Mahasiswa Harus Tahu

Kompas.com - 10/11/2021, 18:45 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Sama seperti belajar bahasa Inggris, memahami bahasa coding dan pemrograman juga tak kalah penting untuk perkembangan karier di era digital.

Kini, semakin banyak data yang perlu dianalisis perusahaan untuk mengembangkan bisnis, sehingga membutuhkan sumber daya untuk membantu pengelolaan data tersebut. Dengan demikian, dibutuhkan banyak calon talenta data untuk membantu menyambut revolusi industri 4.0.

Bahasa coding sendiri merupakan salah satu sub ilmu Data Science yang menerjemahkan bahasa manusia ke dalam bahasa komputer, dapat berupa angka, huruf atau simbol yang ada di komputer.

Baca juga: 9 Rumus Excel yang Sering Digunakan di Dunia Kerja, Mahasiswa Wajib Tahu

Berikut sejumlah alasan mengapa mahasiswa maupun fresh graduate perlu belajar bahasa coding tanpa memandang latar belakang jurusan atau pendidikan, merangkum DqLab UMN:

1. Menanamkan critical thinking

Dalam melakukan coding, salah satu skill yang akan terus diasah adalah critical thinking. Karena kamu akan diminta untuk menganalisis data menjadi sebuah data yang bermanfaat.

Pada proses analisis, critical thinking akan membuat kamu menganalisis suatu data secara masuk akal dan tidak bias. Kamu akan belajar konsep listing atau membuat sebuah daftar pro dan kontra secara kritis.

2. Mampu membuat data menjadi suatu yang bernilai

Memasuki era digital di mana hampir seluruh manusia menggunakan internet, setiap menit hingga dalam hitungan detik saja, ada banyak data yang diproduksi.

Adapun bahasa coding menjadi salah satu cara mengubah sebuah data menjadi nilai berguna seperti menciptakan aplikasi yang bermanfaat dan membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sebagai contoh aplikasi ojek online, aplikasi gim, aplikasi belanja daring, dan lainnya.

Baca juga: Mahasiswa Dapat Rp 9 Juta Per Semester, Ini Cara Daftar KJMU Tahap II 2021

Dengan memahami bahasa coding, kamu berkesempatan untuk membantu memudahkan aktivitas banyak orang.

3. Tingkatkan peluang kerja

Kini, hampir semua perusahaan di berbagai sektor sudah mulai mencari sumber tenaga yang terampil dalam bahasa coding, karena aktivitas mereka sudah berbasis digital dan tidak semua orang dapat memahami data dengan benar.

Tidak hanya berkontribusi untuk masyarakat, profesi di bidang data juga menawarkan upah yang besar karena jumlah SDM yang masih terbatas

Dengan kamu menguasai beberapa bahasa pemrograman seperti R, Python, JavaScript, HTML, dan bahasa pemrograman lainnya, sangat terbuka peluang untuk bisa bekerja di perusahaan besar atau startup sekalipun.

Belajar coding, siap hadapi revolusi Industri 4.0

Tidak ada kata terlambat dalam meningkatkan bahkan memulai belajar bahasa coding terutama ilmu Data Science.

Baca juga: Beasiswa S2 Jepang 2022, Kuliah Gratis dan Tunjangan Rp 18 Juta Per Bulan

Apapun jurusan kuliah yang kamu tekuni sekarang, atau apapun latar belakang pendidikanmu, DQLab Universitas Multimedia Nusantara memberikan kesempatan untuk kursus mengenal bahasa coding secara gratis.

Tidak hanya module belajar coding, di DQlab tersedia banyak real case industry sehingga sahabat data DQLab bisa membangun skill coding dengan berpartisipasi pada project untuk menyempurnakan skill ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com