Kompas.com - 10/11/2021, 15:30 WIB
Ilustrasi belajar matematika sulit freepik.com/pch.vectorIlustrasi belajar matematika sulit
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Sebelum ada pandemi Covid-19, orang terbiasa dengan mengikuti acara secara tatap muka. Baik itu saat bekerja, bersekolah atau mengikuti seminar-seminar.

Misalnya di dunia pendidikan. Sebelum ada pandemi Covid-19, siswa harus berangkat ke sekolah untuk mengikuti pembelajaran di kelas.

Namun setelah ada pandemi Covid-19, semua lapisan masyarakat termasuk siswa juga terbiasa dengan kegiatan yang diadakan secara virtual.

Dengan adanya hal ini, tidak menutup kemungkinan, pembelajaran di masa yang akan datang juga akan mengalami perubahan-perubahan lainnya.

Baca juga: 17 Jurusan Teknik dengan Prospek Kerja Menjanjikan, Kamu Pilih Mana?

Melansir dari laman Universitas Bina Nusantara (Binus), Rabu (10/11/2021), dalam beberapa tahun mendatang, ada tren pembelajaran yang mungkin berkembang. Berikut beberapa tren pembelajaran di masa depan yang perlu diketahui.

5 tren pembelajaran di masa depan

Kolaborasi

Dalam sebuah proyek, seringkali dibutuhkan beberapa bidang ilmu lain untuk dapat memberikan solusi dari sebuah permasalahan. Kolaborasi lintas bidang sangat penting dalam dunia ilmiah modern.

Misalnya dalam sebuah proyek sains teknologi, tentunya tidak hanya ahli sains saja yang tapi juga orang dari lintas bidang ilmu lain perlu ikut berkolaborasi untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca juga: Fauzan Dinobatkan Sebagai Pemuda Difabel Berprestasi dari Kemenpora

Belajar dari usia muda

Pendidikan masa depan akan dimulai dari usia yang semakin muda. Anak-anak kecil mengadopsi dan menyimpan informasi dan bagaimana mereka mengembangkan minat dan kecenderungan mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.