Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali 5 Tren Pembelajaran di Masa Depan

Kompas.com - 10/11/2021, 15:30 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebelum ada pandemi Covid-19, orang terbiasa dengan mengikuti acara secara tatap muka. Baik itu saat bekerja, bersekolah atau mengikuti seminar-seminar.

Misalnya di dunia pendidikan. Sebelum ada pandemi Covid-19, siswa harus berangkat ke sekolah untuk mengikuti pembelajaran di kelas.

Namun setelah ada pandemi Covid-19, semua lapisan masyarakat termasuk siswa juga terbiasa dengan kegiatan yang diadakan secara virtual.

Dengan adanya hal ini, tidak menutup kemungkinan, pembelajaran di masa yang akan datang juga akan mengalami perubahan-perubahan lainnya.

Baca juga: 17 Jurusan Teknik dengan Prospek Kerja Menjanjikan, Kamu Pilih Mana?

Melansir dari laman Universitas Bina Nusantara (Binus), Rabu (10/11/2021), dalam beberapa tahun mendatang, ada tren pembelajaran yang mungkin berkembang. Berikut beberapa tren pembelajaran di masa depan yang perlu diketahui.

5 tren pembelajaran di masa depan

Kolaborasi

Dalam sebuah proyek, seringkali dibutuhkan beberapa bidang ilmu lain untuk dapat memberikan solusi dari sebuah permasalahan. Kolaborasi lintas bidang sangat penting dalam dunia ilmiah modern.

Misalnya dalam sebuah proyek sains teknologi, tentunya tidak hanya ahli sains saja yang tapi juga orang dari lintas bidang ilmu lain perlu ikut berkolaborasi untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca juga: Fauzan Dinobatkan Sebagai Pemuda Difabel Berprestasi dari Kemenpora

Belajar dari usia muda

Pendidikan masa depan akan dimulai dari usia yang semakin muda. Anak-anak kecil mengadopsi dan menyimpan informasi dan bagaimana mereka mengembangkan minat dan kecenderungan mereka.

Saat anak tumbuh dan mulai menjelajahi dunia di sekitar mereka, bisa menggunakan pendekatan (Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) untuk mendidik anak-anak dan menginspirasi agarsemangat belajar.

Pembelajaran online berkembang pesat

eLearning adalah tren terbesar dalam dunia pendidikan terlebih selama pandemi. eLearning memang pada awalnya dilakukan untuk belajar mandiri. Namun saat ini perkembangannya eLearning akan diperkaya sumber belajar yang luas, video menarik dan kurikulum yang melengkapi buku teks yang digunakan siswa di sekolah.

Yang paling penting yakni menciptakan lingkungan belajar online menyenangkan dan menarik, menyimpan informasi menjadi lebih mudah, dan belajar sepanjang hayat.

Apalagi platform pembelajaran online memungkinkan siswa untuk memperluas minat dan mempelajari materi pelajaran lebih dalam. Pada akhirnya akan menginspirasi siswa untuk membangun karier yang berkembang dan menyeluruh.

Baca juga: Siswa, Kenali 3 Profesi yang Jadi Pahlawan Masa Kini

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com