Kompas.com - 10/11/2021, 14:43 WIB

KOMPAS.com - Peserta Kompetisi Sains Nasional atau KSN 2021 memaknai Hari Pahlawan dengan konteks baru arti pahlawan di masa kini sesuai dengan passion yang mereka perjuangkan yakni bidang sains

"Di masa sekarang ini makna pahlawan bisa dilihat dari berbagai sisi. Menurut saya pahlawan merupakan sosok panutan yang dapat membawa perubahan serta memberikan kontribusi tinggi, termasuk di bidang pendidikan," ungkap Felicia Tioreca, siswi kelas IX SMP Kristen Kalam Kudus Selatpanjang yang menjadi perwakilan Provinsi Riau untuk KSN 2021 jejang SMP bidang IPA.

Hal senada disampaikan Lidya Margareth Kuhuparuw, siswi IX SMPK Shining Stars, Timika, Papua, yang lolos masuk KSN 2021 jenjang SMP untuk bidang IPS.

"Pahlawan masa kini adalah adalah seseorang yang pekerja keras dan pantang menyerah, juga berani Dalam melakukan sesuatu serta berperilaku jujur," ungkap Lidya.

Felicia dan Lidya saat dihubungi Kompas.com (10/11/2021) sepakat, sains dapat jadi alat perjuangan bagi generasi muda "zaman now".

"Tentu saja kita bisa berjuang lewat sains di masa sekarang. Menurut saya, memasuki era globalisasi dan sains sangat dibutuhkan untuk menghadapi segala permasalahan yang akan dan sedang terjadi," ungkap Lidya.

"Sains adalah salah satu yang paling berperan bagi kehidupan manusia, dengan sains kita bisa menghargai diri kita sendiri dan juga lingkungan kita," tambah Felicia.

Hari Pahlawan dan KSN 2021

Dalam peringatan Hari Pahlawan, di tengah gelaran Kompetisi Sains Nasional 2021, Ketua Pelaksana KSN 2021, Sugeng Riyadi menyampaikan, menghargai jiwa kepahlawan merupakan salah satu sikap yang perlu ditanamkan jiwa nasionalis sejak dini kepada siswa peserta KSN.

"Hal ini dapat menumbuhkan semangat juang generasi muda dan mencintai tanah air," tegas Sugeng Riyadi.

Baca juga: Pembukaan KSN 2021: Krisis Mendorong Kita Terus Berprestasi di Bidang Sains

Kompetisi Sains Nasional atau KSN 2021 secara resmi telah dibuka pada 7 November 2021. Tahun ini, KSN yang mengangkat tema “Talenta Sains untuk Indonesia Tumbuh, Indonesia Tangguh” diikuti 2.179 siswa.

Dua ribu lebih siswa yang mengikuti KSN 2021 tersebut terdiri dari 544 siswa tingkat SD/MI, 735 siswa tingkat SMP/MTs, dan 900 siswa tingkat SMA/MA.

Mereka siap saling asah kemampuan sains dalam KSN 2021 yang akan digelar secara daring pada 7-13 November 2021.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.