Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Dicari, Ini Kelebihan Prodi Teknik Biomedis dan Sains Data

Kompas.com - 31/08/2021, 14:52 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berkembang pesatnya teknologi dan digitalisasi saat ini menyebabkan banyak profesi baru bermunculan.

Untuk menyiapkan sumber daya manusia unggul, sejumlah program studi (prodi) baru juga disediakan perguruan tinggi. Jurusan baru ini diharapkan bisa mencetak lulusan yang banyak dibutuhkan di masa depan.

Dengan mencetak lulusan yang memiliki kemampuan dan kompetensi sesuai kebutuhan dunia kerja,setelah lulus para mahasiswa akan bisa langsung bekerja.

Hal ini penting diperhatikan calon mahasiswa dalam menentukan jurusan kuliah. Jika jeli memilih jurusan, hal ini bisa jadi mengantarkanmu menuju kesuksesan di dunia kerja.

Baca juga: Mahasiswa UB Ciptakan Pelet Kelinci Bergizi Tinggi dari Rumen Sapi

Jurusan Teknik Biomedis

Beberapa jurusan yang berpotensi banyak dibutuhkan di masa depan yakni Teknik Biomedis dan Sains Data.

Melansir dari akun Instagram Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP), Senin (30/8/2021), menjelaskan beberapa informasi mengenai jurusan Teknik Biomedis dan Sains Data.

Menurut penelitian dari United State Bureau of Labor Statistics (2016), inovasi dan teknologi dunia medis semakin dibutuhkan oleh industri atau lembaga.

Sehingga, potensi dalam kurun waktu 1 hingga 2 tahun ke depan lulusan Teknik Biomedis diprediksi sangat prospektif dan mudah terserap di dunia kerja.

Melihat fakta ini, calon mahasiswa bisa menjadikan Teknik Biomedis sebagai salah satu pilihan jurusan saat akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Baca juga: ITS Berhasil Masuk Nominasi THE DataPoints Social Impact Award

Lulusan Teknik Biomedis dapat menciptakan ragam desain inovasi produk dan teknologi khususnya di bidang kesehatan.

Desain kurikulum dirancang agar mampu mencetak lulusan yang mimiliki kemampuan dan kompetensi dalam merancang dan mengembangkan alat, sistem, teknologi di bidang kesehatan.

Jurusan Sains Data

Selain Teknik Biomedis, jurusan lain yang akan banyak dicari di masa depan adalah Data Science. Era digitalisasi saat ini bisa membuat mahasiswa makin sukses, dengan pandai membaca peluang dalam memilih jurusan kuliah.

Jurusan Data Science bisa menjadi salah satu pilihan di perguruan tinggi yang memiliki prospek kerja cemerlang di masa yang akan datang. Yuk simak beberapa informasi mengenai jurusan Sains Data berikut ini.

Baca juga: Keren, Mahasiswa Ini Lulus Sarjana dengan Skripsi 37 Halaman

1. Salary atau gaji dari profesi data scientist, data architect, data analyst, machine learning engineer saat ini berpenghasilan di atas rata-rata dan semua profesi tersebut menjadi prospek kerja lulusan S1 Sains Data.

2. Peminat lulusan S1 Sains Data sangat tinggi, baik dari industri maupun lembaga. Karena setiap lulusan memiliki peluang mendapatkan sertifikat kompetensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

3. Di era digitalisasi sebaran data sangat pesat. Membuka peluang besar bagi lulusan Sarjana Sains Data meraih masa depan cerah.

Baca juga: Langka di Indonesia, Jurusan Kriminologi Hanya Ada di 3 Kampus Ini

Itulah informasi mengenai jurusan Teknik Biomedis dan Sains Data. Kedua jurusan ini mempunyai kelebihan dan diprediksi akan banyak dibutuhkan di masa yang akan datang.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com