Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ma'ruf Amin Dorong UNS Percepat Ekonomi dan Keuangan Syariah Indonesia

Kompas.com - 10/11/2021, 18:22 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Wakil Presiden (Wapres), Ma’ruf Amin mengharapkan peran serta Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dalam rangka mempercepat pertumbuhan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia, UNS didorong untuk mencetak generasi muda yang unggul di bidang ekonomi dan keuangan syariah.

Baca juga: Rektor Jamal Sesalkan Meninggalnya Mahasiswa Saat Menwa UNS

"Saya mengharapkan UNS sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia untuk mengambil peran dalam rangka mencetak generasi muda yang unggul di bidang ekonomi dan keuangan syariah dalam rangka mempercepat tumbuhnya ekonomi dan keuangan syariah Indonesia," ucap dia melansir laman UNS, Rabu (10/11/2021).

Pengembangan ekonomi syariah sendiri tidak terlepas dari beberapa sektor kunci.

Dia menjelaskan diantaranya keuangan syariah, industri makanan dan minuman halal, kosmetik halal, obat-obatan halal, travel ramah muslim, fashion muslim, serta media dan rekreasi bertema islam.

Sektor tersebut berkembang secara signifikan di dalam negeri mengingat Indonesia memiliki pasar muslim terbesar di dunia, baik sebagai konsumen maupun produsen.

Terlebih setelah Pandemi Covid-19 menghantam ekonomi dunia, sektor ekonomi syariah harus dioptimalkan sebagai mesin pertumbuhan baru yang mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

Pembentukan generasi muda yang unggul di bidang ekonomi dan keuangan syariah menjadi salah satu upaya pendukung dalam peningkatan peran bank syariah di Indonesia.

Baca juga: Kemendikbud Ristek Tegaskan Tidak Legalkan Zina di Perguruan Tinggi

Hal ini menjadi implementasi dari penyiapan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berakhlak mulia.

Upaya peningkatan lain berkaitan dengan pemanfaatan teknologi berbasis digital, pengembangan inovasi yang berkelanjutan dalam hal menciptakan produk dan layanan baru, perluasan layanan bank syariah hingga perbankan ke daerah-daerah, dan perluasan literasi kepada masyarakat.

Dia turut menyampaikan apresiasi pada seluruh sivitas akademika UNS yang telah menyelenggarakan The 2021 SMICIE.

Dia berharap konferensi ini dapat menghasilkan rumusan-rumusan yang inovatif bagi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

Dalam pidatonya, perguruan tinggi dinilai memiliki peran penting dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, khususnya perbankan syariah.

Ekonomi dan keuangan syariah merupakan bagian intergral dari sistem perekonomian nasional yang memiliki peran penting dalam upaya pemulihan ekonomi nasional.

Baca juga: Siswa, Kenali 3 Profesi yang Jadi Pahlawan Masa Kini

"Oleh karena itu, perguruan tinggi diharapkan dapat memberikan sumbangsih dalam bentuk pemikiran, inovasi, penyiapan SDM, dan mendorong literasi dalam memajukan ekonomi dan keuangan syariah Indonesia," tukas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com