Kompas.com - 10/11/2021, 18:22 WIB
Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat memimpin rapat dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kaltim dan para bupati serta wali kota di Pendopo Odah Etam dalam kunjungan kerja di Samarinda, Kaltim, Selasa (2/11/2021). IstimewaWakil Presiden Ma'ruf Amin saat memimpin rapat dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kaltim dan para bupati serta wali kota di Pendopo Odah Etam dalam kunjungan kerja di Samarinda, Kaltim, Selasa (2/11/2021).
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Wakil Presiden (Wapres), Ma’ruf Amin mengharapkan peran serta Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dalam rangka mempercepat pertumbuhan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia, UNS didorong untuk mencetak generasi muda yang unggul di bidang ekonomi dan keuangan syariah.

Baca juga: Rektor Jamal Sesalkan Meninggalnya Mahasiswa Saat Menwa UNS

"Saya mengharapkan UNS sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia untuk mengambil peran dalam rangka mencetak generasi muda yang unggul di bidang ekonomi dan keuangan syariah dalam rangka mempercepat tumbuhnya ekonomi dan keuangan syariah Indonesia," ucap dia melansir laman UNS, Rabu (10/11/2021).

Pengembangan ekonomi syariah sendiri tidak terlepas dari beberapa sektor kunci.

Dia menjelaskan diantaranya keuangan syariah, industri makanan dan minuman halal, kosmetik halal, obat-obatan halal, travel ramah muslim, fashion muslim, serta media dan rekreasi bertema islam.

Sektor tersebut berkembang secara signifikan di dalam negeri mengingat Indonesia memiliki pasar muslim terbesar di dunia, baik sebagai konsumen maupun produsen.

Terlebih setelah Pandemi Covid-19 menghantam ekonomi dunia, sektor ekonomi syariah harus dioptimalkan sebagai mesin pertumbuhan baru yang mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

Pembentukan generasi muda yang unggul di bidang ekonomi dan keuangan syariah menjadi salah satu upaya pendukung dalam peningkatan peran bank syariah di Indonesia.

Baca juga: Kemendikbud Ristek Tegaskan Tidak Legalkan Zina di Perguruan Tinggi

Hal ini menjadi implementasi dari penyiapan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berakhlak mulia.

Upaya peningkatan lain berkaitan dengan pemanfaatan teknologi berbasis digital, pengembangan inovasi yang berkelanjutan dalam hal menciptakan produk dan layanan baru, perluasan layanan bank syariah hingga perbankan ke daerah-daerah, dan perluasan literasi kepada masyarakat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.