Kompas.com - 30/10/2021, 08:17 WIB
Kampus Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Shutterstock/SunhajiKampus Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
|

KOMPAS.com - Perangkat elektronik kini sudah menjadi kebutuhan masyarakat. Terlebih penggunaan gawai, laptop atau komputer yang pasti digunakan setiap hari.

Namun perlu diwaspadai bahaya radiasi dari sinar biru yang dipancarkan dari layar perangkat digital memiliki sejumlah dampak buruk bagi kesehatan kulit.

Sinar biru menghancurkan kolagen melalui stres oksidatif. Reaksi yang terjadi selama penyerapan sinar biru tersebut dapat menghasilkan radikal bebas yang dapat merusak kulit.

Baca juga: Mahasiswa UNY Bagikan Tips Orangtua Awasi Penggunaan Gawai pada Anak

Pada saat ini pencegahannya adalah menggunakan screen protector pada layar yang mengurangi sinar biru dari handphone, komputer maupun laptop dan juga perisai malam pada handphone untuk meredupkan cahaya pada layar.

Masih jarang ditemukan inovasi untuk melindungi kulit wajah secara langsung. Kulit wajah yang terkena paparan sinar biru perlu dilindungi dengan produk yang mampu diaplikasikan pada wajah secara langsung yang aman dan nyaman penggunaannya.

Terkait hal itu, mahasiswa Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) membuat nano spray dari ekstrak kulit jeruk nipis (Citrus aurantifolia) untuk antiradiasi akibat sinar biru.

Mahasiswa itu adalah Madda Nur Abidin Prodi Biologi, Atikah Zukhrufiyah Widodo Prodi Pendidikan bBiologi, Yuliari Suprihatin dan Riza Alfiyatun Prodi Kimia serta Andini Jihan Ningrum Prodi Pendidikan Matematika.

Madda Nur Abidin menjelaskan, timnya mengoptimalkan kulit jeruk nipis sebagai upaya pencegahan masuknya radikal bebas menjadi sediaan nano spray.

"Nano spray adalah minyak semprot yang menggunakan teknologi nanometer untuk mengubah air menjadi partikel atom dalam beberapa detik sehingga nutrisi dan kadar oksigen dalam air bisa masuk ke dalam pori-pori kulit," ujarnya dikutip dari laman UNY, Jumat (29/10/2021).

Dijelaskan, nano spray ekstrak kulit jeruk nipis lebih praktis dan efektif untuk mencegah radikal bebas pada kulit karena memiliki antioksidan yang tinggi dan dijadikan partikel atom hingga dapat langsung terserap kulit.

Baca juga: ITS Inovasi Mesin Pemipil Jagung Otomatis

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.