Kompas.com - 23/10/2021, 15:46 WIB
ilustrasi jagung yang baru dipanen. SHUTTERSTOCK/venusviilustrasi jagung yang baru dipanen.
|

KOMPAS.com - Tim Kuliah Kerja Nyata dan Pengabdian Masyarakat (KKN Abmas) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) membuat inovasi berupa mesin pemipil jagung otomatis.

Hal ini untuk membantu petani di Desa Petung, Gresik yang masih memipil jagung secara manual, sehingga memakan waktu lama dan banyak menguras waktu serta tenaga para petani.

Menurut Prof. Dr. Eng. Harus Laksana Guntur, ST., MEng., selaku Ketua Tim KKN Abmas, kawasan Gresik merupakan kabupaten penghasil jagung nasional.

Baca juga: Mahasiswa ITS Inovasi Ultraviolet C Mampu Lawan Virus

Tak ingin menyia-nyiakan potensi tersebut, Harus dan tim berupaya mencari solusi efektif.

"Hingga akhirnya kami bersama tim sepakat menggagas alat pemipil jagung otomatis ini," ujar dosen Departemen Teknik Mesin ITS seperti dikutip dari laman ITS, Jumat (22/10/2021).

Dijelaskan, pemipil jagung otomatis ini dirancang khusus dengan menggunakan mesin diesel yang terkenal andal untuk beban berat serta bahan bakarnya yang mudah didapatkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, alat ini juga dilengkapi oleh transmisi belt-pulley dan mekanisme perontok yang bisa diatur ukuran dan kapasitasnya sesuai kebutuhan.

"Transmisi belt-pulley sendiri berfungsi meneruskan dan mereduksi kecepatan mesin diesel ke roller perontok jagungnya," terangnya.

Adapun alat ini memiliki kapasitas produksi sebesar 1.200 hingga 1.500 kilogram per jam.

Sedangkan kecepatan maksimum yang dihasilkan mencapai 1.500 rotasi per menit dengan daya sebesar 1,5 kW/7,5 HP.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.