Kompas.com - 17/07/2021, 18:30 WIB
Ilustrasi keluarga sedang asyik berselancar di internet Shutterstock/ This Is MeIlustrasi keluarga sedang asyik berselancar di internet
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Dengan kemajuan teknologi, manusia semakin dimudahkan dengan keberadaan internet.

Termasuk dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ), siswa dan orangtua juga dipermudah dengan materi pelajaran yang bisa ditemukan di internet.

Melalui handphone, siswa bisa belajar banyak hal. Namun sebagai orangtua juga memiliki peran penting dalam mengawasi anak dalam mengakses internet dan menggunakan gawai atau smartphone.

Revolusi Industri 4.0 merupakan era digital disaat semua mesin terhubung melalui sistem internet.

Baca juga: Yuk Simak 4 Tips Beradaptasi Jalani Perkuliahan bagi Mahasiswa Baru

Peran orangtua dalam era revolusi industri 4.0

Hal ini disampaikan mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Aji Nur Wijaksono dan Bimo Laksono Mahardika pada kegiatan Dharma Wanita Gugus Pattimura Kecamatan Ambal bertempat di SD Negeri Sidorejo Kebumen baru-baru ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kedua mahasiswa ini mengikuti program Kampus Mengajar Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Mereka menyampaikan materi tentang pentingnya menguasai teknologi informasi dan peran orangtua dalam era Revolusi Industri 4.0.

Aji Nur Wijaksono mengungkapkan, pada era ini kecerdasan buatan, big data dan komputasi awan semuanya berbasis internet memegang peran penting dalam kehidupan keseharian.

"Dengan tiga hal tersebut kita dapat memesan makanan secara online atau memantau kepadatan lalu lintas secara real time," kata Aji seperti dikutip dari laman UNY, Sabtu (17/7/2021).

Baca juga: Guru SMPN 1 Rongkop Ini Ajak Siswa Pahami Matematika Lewat Youtube

Manfaat menguasai teknologi informasi

Mahasiswa program studi Pendidikan Fisika Fakultas MIPA UNY ini memaparkan, banyak manfaat menguasai teknologi informasi, seperti:

1. Mempermudah komunikasi dengan kerabat walaupun jarak jauh.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.