Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa UNY Bagikan Tips Orangtua Awasi Penggunaan Gawai pada Anak

Kompas.com - 17/07/2021, 18:30 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dengan kemajuan teknologi, manusia semakin dimudahkan dengan keberadaan internet.

Termasuk dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ), siswa dan orangtua juga dipermudah dengan materi pelajaran yang bisa ditemukan di internet.

Melalui handphone, siswa bisa belajar banyak hal. Namun sebagai orangtua juga memiliki peran penting dalam mengawasi anak dalam mengakses internet dan menggunakan gawai atau smartphone.

Revolusi Industri 4.0 merupakan era digital disaat semua mesin terhubung melalui sistem internet.

Baca juga: Yuk Simak 4 Tips Beradaptasi Jalani Perkuliahan bagi Mahasiswa Baru

Peran orangtua dalam era revolusi industri 4.0

Hal ini disampaikan mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Aji Nur Wijaksono dan Bimo Laksono Mahardika pada kegiatan Dharma Wanita Gugus Pattimura Kecamatan Ambal bertempat di SD Negeri Sidorejo Kebumen baru-baru ini.

Kedua mahasiswa ini mengikuti program Kampus Mengajar Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Mereka menyampaikan materi tentang pentingnya menguasai teknologi informasi dan peran orangtua dalam era Revolusi Industri 4.0.

Aji Nur Wijaksono mengungkapkan, pada era ini kecerdasan buatan, big data dan komputasi awan semuanya berbasis internet memegang peran penting dalam kehidupan keseharian.

"Dengan tiga hal tersebut kita dapat memesan makanan secara online atau memantau kepadatan lalu lintas secara real time," kata Aji seperti dikutip dari laman UNY, Sabtu (17/7/2021).

Baca juga: Guru SMPN 1 Rongkop Ini Ajak Siswa Pahami Matematika Lewat Youtube

Manfaat menguasai teknologi informasi

Mahasiswa program studi Pendidikan Fisika Fakultas MIPA UNY ini memaparkan, banyak manfaat menguasai teknologi informasi, seperti:

1. Mempermudah komunikasi dengan kerabat walaupun jarak jauh.

2. Meningkatkan rasa percaya diri.

3. Mempermudah pekerjaan manusia.

Oleh karena itu orangtua sebaiknya selalu belajar hal-hal yang baru setiap hari dan berusaha untuk menguasai teknologi informasi.

Baca juga: Yuk Simak 4 Tips Beradaptasi Jalani Perkuliahan bagi Mahasiswa Baru

Sementara itu Bimo Laksono Mahardika menerangkan, sebagai orangtua yang berperan memimpin keluarga mempunyai peran sentral dalam perkembangan IT khususnya dalam pengawasan anak.

"Pengawasan orangtua terhadap anak perlu dilakukan karena dikhawatirkan bisa menjadi bumerang terhadap orangtua jika anak tidak serta diawasi dalam penggunaan gawai," ungkap Bimo.

Baca juga: Nusantara Sakti Group Buka Lowongan Kerja Lulusan D3/S1, Ini Infonya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com