Kompas.com - 27/10/2021, 18:50 WIB
Universitas Diponegoro (Undip) Semarang KOMPAS.com/RISKA FARASONALIAUniversitas Diponegoro (Undip) Semarang

KOMPAS.com - Fakultas Peternakan dan Pertanian (FPP) Universitas Diponegoro (Undip) kembali berkibar karena berhasil masuk peringkat 801+ kampus dunia berdasarkan pemeringkatan yang dilakukan oleh Times Higher Education (THE) by Subject 2022.

Di bidang ilmu life science, FPP Undip mendapatkan rincian nilai 8,4 untuk citations, 45 untuk industry income, 21,9 di bagian international outlooks, 7,00 untuk research, dan 11,8 di bagian teaching.

Keseluruhan skor yang diperoleh Undip di bidang life science berada di angka 8,3-19,1.

Dekan FPP Undip, Bambang Waluyo Hadi Eko Prasetiyono mengatakan capaian ini sangat membanggakan, mengingat FPP Undip terus berupaya dalam melakukan internasionalisasi.

Baca juga: BCA Buka Magang Bakti bagi Lulusan SMA-SMK, D1-D3 dan S1, Yuk Daftar

Ia menyebut jika prestasi yang ditorehkan oleh FPP Undip tidak terlepas dari dukungan semua civitas academica yang ada.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurutnya, semua program studi yang sudah terakreditasi A, mahasiswa internasional, pertukaran mahasiswa, penelitian dan pengabdian masyarakat yang intensif dilakukan oleh para dosen, hilirisasi hasil riset, dan lengkapnya sarana prasarana telah mendukung capaian tersebut.

"Ke depan diharapkan nama FPP Undip semakin berkibar dan dikenal dunia," ujarnya seperti dilansir dari laman Undip, Rabu (27/10/2021).

Ke depan, lanjutnya, FPP Undip akan semakin banyak menyelenggarakan kuliah umum dan dosen tamu yang berasal universitas top dunia.

Termasuk menyelenggarakan pertukaran mahasiswa dan dosen di tingkat internasional, melakukan kerja sama penelitian dengan universitas mitra di luar negeri, semakin masif menyelenggarakan summer school, hingga metode perkuliahan dengan pengantar bahasa inggris.

Baca juga: Beasiswa S1 Korea Selatan, Kuliah Gratis dan Tunjangan Rp 10 Juta Per Bulan

Dalam THE by Subject 2022, peringkat Undip di bidang life science berada di peringkat 4.

Peringkat pertama diduduki oleh Universitas Indonesia dengan score 19,15. Setelahnya ada Universitas Hassanudin dengan capaian nilai 16,22. Disusul Universitas Airlangga dengan capaian 12,1325.

Barulah Universitas Diponegoro dengan nilai 10,9275. Di bawahnya ada Universitas Padjadjaran dengan nilai 10,1. Baru di peringkat keenam adalah Universitas Brawijaya dengan capaian nilai 9,7875.

Jika tren positif ini dijaga maka sangat mungkin peringkat Undip di bidang life science bisa terus naik dan menjadi yang terbaik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.