Kompas.com - 27/10/2021, 16:31 WIB
Program Studi Pengobat Tradisional (Battra) Universitas Airlangga (Unair) menggandeng seorang Tenaga Ahli Kesehatan Kecantikan dari Materia Medica Batu Yunita Intan Ryandini, membongkar cara pembuatan masker herbal alami. Dok. Unair NewsProgram Studi Pengobat Tradisional (Battra) Universitas Airlangga (Unair) menggandeng seorang Tenaga Ahli Kesehatan Kecantikan dari Materia Medica Batu Yunita Intan Ryandini, membongkar cara pembuatan masker herbal alami.

KOMPAS.com - Kesehatan kulit merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kecantikan wajah. Masker sebagai salah satu produk kecantikan dipercaya dapat membuat kulit lebih sehat, bersih, dan bersinar.

Program Studi Pengobat Tradisional (Battra) Universitas Airlangga (Unair) menggandeng seorang Tenaga Ahli Kesehatan Kecantikan dari Materia Medica Batu Yunita Intan Ryandini, membongkar cara pembuatan masker herbal alami.

Yunita menilai, saat ini banyak produk kecantikan yang beredar di pasaran mengandung merkuri tinggi. Itulah mengapa, ia bermaksud mengedukasi masyarakat mengenai produk kecantikan yang aman.

Baca juga: Cara Belajar Jan Meyer, Peraih IPK Tertinggi ITB 2021

Berikut penjelasan cara membuat masker herbal secara alami yang dipaparkan dalam webinar Battra Excitement in Education and Profession (Baxie):

1. Siapkan alat

Alat yang dibutuhkan untuk formulasi masker ialah baskom stainless besar, ayakan 200 mesh, sendok, timbangan digital, dan baskom kecil.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Bahan

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahan yang dibutuhkan untuk kulit kombinasi dengan takaran pot masker sebanyak 40 gram, antara lain:

  • Serbuk gandum 15 gram
  • Kaolin 10 gram
  • Serbuk teh hijau 5 gram
  • Tepung beras 10 gram

Yunita menjelaskan bahwa gandum berfungsi untuk mencerahkan kulit, mengangkat sel kulit mati, membantu mengurangi produksi minyak berlebih.

Baca juga: Lulusan 8 Kampus Ini Cepat Dapat Kerja, Ada Kampus Kamu?

Sedangkan tepung beras berfungsi untuk membantu regenerasi kulit, antioksidan, anti-aging atau anti penuaan dini.

Sementara teh hijau berfungsi untuk membantu meredakan jerawat, mengatasi mata panda, anti-inflamasi atau anti peradangan. Lalu, kaolin sebagai bahan pengental masker.

3. Cara pembuatan

Langkah pertama yang perlu dilakukan ialah menyemprotkan semua alat dengan alkohol 96 persen agar steril, menimbang semua bahan yang telah diayak menggunakan ayakan 200 mesh sesuai takaran yang disebutkan di atas.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.