Kompas.com - 27/10/2021, 18:14 WIB
Ratusan karya para peserta Lomba Keterampilan Siswa Nasional Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (LKSN PDBK 2021) saat ini memasuki tahap penilaian. Tahun ini LKSN PDBK mengangkat Berinovasi untuk Kebangkitan Negeri. DOK. PUSPRESNASRatusan karya para peserta Lomba Keterampilan Siswa Nasional Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (LKSN PDBK 2021) saat ini memasuki tahap penilaian. Tahun ini LKSN PDBK mengangkat Berinovasi untuk Kebangkitan Negeri.

KOMPAS.com - Ratusan karya para peserta Lomba Keterampilan Siswa Nasional Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (LKSN PDBK 2021) saat ini memasuki tahap penilaian. Tahun ini LKSN PDBK mengangkat "Berinovasi untuk Kebangkitan Negeri".

Karya-karya tersebut tersebar ke dalam sembilan bidang lomba yakni membatik, kriya kayu, tata boga, kecantikan, merangkai bunga, menjahit, teknologi informasi, hantaran, dan barang bekas.

Para peserta LKSN PDBK adalah peserta didik yang memiliki ketunaan; tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, dan autis pada satuan pendidikan khusus jenjang SMPLB/SMALB.

Sebelum masuk ke tingkat nasional, para peserta yang mewakili tiap provinsi, telah lolos tahap seleksi di daerahnya masing-masing.

Tercatat, jumlah provinsi yang mengirimkan karya mengikuti LKSN PDBK 2021 yakni membatik sebanyak 28, kriya kayu sebanyak 29, tata boga sebanyak 29, kecantikan sebanyak 30, merangkai bunga sebanyak 31, menjahit sebanyak 30, teknologi informasi sebanyak 26, hantaran sebanyak 30, dan barang bekas sebanyak 29.

Nantinya, dari hasil penilaian tersebut panitia akan menetapkan enam terbaik dari masing-masing bidang perlombaan menjadi juara pertama hingga ketiga, serta juara harapan satu hingga tiga. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Juri bangga dan takjub

Para juri tiap bidang lomba mengaku bangga sekaligus takjub melihat kreasi para peserta LKSN PDBK 2021 ini yang terus berkembang dan lebih baik dari tahun sebelumnya.

Hal itu, terungkap dari salah satu juri kecantikan Lianywati Batihalim. Ia mengatakan puas melihat hasil karya dari 30 peserta di bidang kecantikan. Menurutnya, peserta mampu menerjemahkan tema rias wajah fantasi "Illution Make Up" dengan ide brilian pada setiap karya.

Baca juga: Bangun Jembatan Dunia Kerja, Puspresnas Gelar Lomba Kompetensi Siswa 2021

"Dari peserta lomba ini terlihat sekali kemajuan dari tahun ke tahun, ide-ide ilusinya dan semua apa yang telah dikerjakan luar biasa. Semangat, seni dan fokus mereka terhadap pekerjaan juga terlihat," ujarnya usai melakukan penilaian (27/10/2021).

Ia menambahkan, kemandirian dan rasa percaya diri para peserta didik akan semakin bertumbuh dengan mengikuti LKSN PDBK ini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.