Kompas.com - 27/10/2021, 17:18 WIB
Menyambut Hari Sumpah Pemuda, Indonesian Cyber Education Institute (ICE Institute), marketplace (lokapasar) pembelajaran online di Indonesia, menyelenggarakan webinar ICE Institute untuk Indonesia Satu pada Rabu, 27 Oktober 2021. DOK. ICE INSTITUTEMenyambut Hari Sumpah Pemuda, Indonesian Cyber Education Institute (ICE Institute), marketplace (lokapasar) pembelajaran online di Indonesia, menyelenggarakan webinar ICE Institute untuk Indonesia Satu pada Rabu, 27 Oktober 2021.

KOMPAS.com - Menyambut Hari Sumpah Pemuda, Indonesian Cyber Education Institute (ICE Institute), marketplace (lokapasar) pembelajaran online di Indonesia, menyelenggarakan webinar "ICE Institute untuk Indonesia Satu" pada Rabu, 27 Oktober 2021.

Dalam sambutan pembukaan acara, Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Prof. Nizam mengungkapkan, dalam satu tahun terakhir pihaknya telah membuka beberapa cyber university, yakni; ICE Institute yang berada di bawah Universitas Terbuka (UT), Universitas Cyber Asia, Muhammadiyah Cyber University dan Universitas Indonesia Cerdas.

"Ini adalah bentuk akselerasi kita dalam transformasi digital. Demikian pula, dalam menyambut Sumpah Pemuda, dalam memperluas jangkauan misalnya dalam menginternasionalkan bahasa Indonesia, ICE Institute dan Universitas Terbuka menjadi satu platform yang sangat penting," tegas Prof. Nizam.

Transformasi digital ini sangat penting dikembangkan, ujar Prof. Nizam, agar Indonesia tidak hanya menjadi konsumen, melainkan juga pemain utama era digital.

"Semangat gotong royong untuk bertransformasi, semangat gotong royong untuk saling mendukung untuk membangun bangsa dan negara," pesan Prof. Nizam.

"Ikan pari sisiknya berduri, mencari belut dengan galah bambu. Insan Dikti tak putus berinovasi, ICE Institute untuk Indonesia Satu," pungkas Dirjen Dikti menutup pemaparan dengan pantun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menyambut Sumpah Pemuda

Dalam kesempatan sama, Kepala ICE Institute Paulina Pannen, menyampaikan sebagai lokapasar pembelajaran daring saat ini pihaknya telah menawarkan 138 mata kuliah daring dari konsorsium ICE lnstitute yang terdiri dari 14 institusi pendidikan tinggi.

Selain itu, tambah Paulina, terdapat 1.420 mata kuliah daring dari EdX, konsorsium MIT-Harvard, kepada kalangan pendidikan tinggi di Indonesia.

"Jumlah mahasiswa yang menempuh kuliah di ICE Institute saat ini ada kurang lebih 3.700 orang dan yang sudah lulus dari mata kuliah saat ini ada 220 orang," ungkap Paulina.

Baca juga: 5 Link Download Twibbon Hari Sumpah Pemuda 2021 dan Cara Pakainya

Terkait webinar "ICE Institute untuk Indonesia Satu", Paulina menyampaikan, webinar ilmiah dalam bidang pembelajaran daring dan berbagai bidang ilmu dengan melibatkan diaspora dan ahli bidang ilmu dari berbagai negara.

Kegiatan webinar ICE lnstitute, tambahnya, dilakukan secara rutin setiap bulan sebagai sarana berbagi kemajuan ilmu pengetahuan, di samping kegiatan utama ICE lnstitute sebagai lokapasar yang resmi berjalan pada sejak 15 Agustus 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.