Kompas.com - 27/10/2021, 14:49 WIB
Ilustrasi PexelsIlustrasi

KOMPAS.com - Move on atau penyembuhan luka psikologis untuk mengatasi pengalaman tidak mengenakan, seperti patah hati atau kejadian traumatis, memang bukan hal yang mudah.

Bahkan, tak bisa begitu saja sembuh dengan hanya mengandalkan waktu.

Mental Health Educator dan Founder LOSTIDN, Agata Paskarista mengatakan tak sama seperti luka fisik pada umumnya, luka psikologis tidak terlihat tetapi terasa dan berlangsung lebih lama.

Menurutnya, pernyataan tentang luka psikologis akan hilang seiring berjalannya waktu ini tidaklah benar. Justru, yang menjadi penyembuh itu adalah dari diri sendiri.

Baca juga: Alasan dan Tujuan Depresi Hadir di Hidup Manusia

Ata menjelaskan bahwa self healing atau penyembuhan diri sendiri merupakan hal yang sangat mungkin dilakukan oleh setiap orang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Langkah self healing untuk sembuhkan luka batin

Ata menjelaskan bahwa self healing dapat diartikan sebagai proses penyembuhan luka batin atau mental yang diakibatkan oleh berbagai hal.

Luka batin sendiri bisa muncul dalam bentuk perasaan sedih mendalam, merasa gagal, cemas, yang mengarah pada kondisi depresi.

Self healing ini bertujuan agar seseorang bisa memahami diri sendiri, menerima ketidaksempurnaan, serta membentuk pikiran positif tentang apa yang terjadi dalam hidup.

Tiga cara yang bisa dilakukan untuk self healing, yaitu:

1. Self love

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.