Kompas.com - 25/10/2021, 07:11 WIB
Ilustrasi perguruan tinggi ShutterstockIlustrasi perguruan tinggi
|

KOMPAS.com - Semakin tinggi pendidikan yang ditempuh, akan banyak keahlian baru yang diperoleh.

Selain itu, semakin tinggi pendidikan dan makin banyak pengetahuan yang dimiliki juga memperbesar peluangmu bisa bekerja di perusahaan atau instansi bergengsi.

Merangkum dari situs resmi Universitas Bina Nusantara (Binus), Minggu (24/10/2021), menempuh program kuliah S2 memberikan banyak keuntungan terlebih di bidang karier spesifik. Terutama jenis pekerjaan yang membutuhkan lisensi khusus.

Misalnya gelar dokter medis. Setelah lulus pendidikan dokter di jenjang S1, mahasiswa mungkin menguasai wawasan kedokteran. Namun jika ingin membuka praktik atau bekerja sebagai dokter berlisensi, kamu harus melanjutkan kuliah S2.

Baca juga: Mahasiswa, Ini Tips Menyukai Mata Kuliah yang Dibenci

Gelar S2 juga membantumu mendapatkan pekerjaan di bidang yang berisiko tinggi atau menuntut kepercayaan publik tinggi. Contohnya adalah program kuliah untuk menjadi akuntan publik bersertifikat, arsitek, insinyur, konsultan pajak, dan sebagainya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kuliah jenjang S2 cukup menantang dan membutuhkan biaya. Tetapi kamu akan mendapat banyak skill atau keterampilan yang memberi keuntungan jangka panjang. Berikut informasi mengenai skill yang diperoleh saat kuliah S2. Yuk simak bersama.

1. Aspek keilmuan yang lebih spesifik

Program Magister cocok bagi mahasiswa yang ingin menjadi spesialis karena aspek keilmuannya lebih spesifik. Mahasiswa berkesempatan mempelajari suatu bidang secara mendalam hingga ke balik permukaan. Hal ini berbeda dengan lulusan S1 yang biasanya memiliki latar belakang ilmu lebih general.

Selain mampu memecahkan masalah lebih baik, keahlian sebagai spesialis juga memberimu daya tawar tinggi.

Baca juga: Adaro Logistics Buka Lowongan Kerja D4/S1, Ayo Daftar

2. Kemampuan analisis dan observasi

Kuliah S2 membuat kemampuan analisis dan observasi terasah lebih jauh. Mahasiswa S2 akan belajar cara mengamati suatu problem spesifik lewat beberapa sudut pandang, lalu menemukan beberapa solusi pemecahan.

Solusi yang ditemukan juga akan cenderung spesifik dan lebih mendalam dibandingkan mereka yang pengetahuannya hanya menyentuh permukaan.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.