Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/10/2021, 16:03 WIB
|

KOMPAS.com - Bagi sebagian siswa tentu pernah merasa ada mata pelajaran yang kurang disukai. Rata-rata, siswa kurang menyukai pelajaran Matematika atau yang memiliki unsur berhitung.

Tapi ada juga siswa lain yang kurang menyukai pelajaran Sejarah karena dinilai membosankan. Atau pelajaran Pendidikan Kesehatan dan Jasmani karena merasa kurang bagus dalam hal olahraga.

Kondisi ini juga bisa terjadi saat duduk di bangku perkuliahan lho. Mahasiswa juga pernah merasakan kurang suka dengan mata kuliah tertentu.

Rasa kurang suka ini terhadap mata kuliah tertentu akan membawa dampak kurang bagus. Pasalnya mahasiswa akan malas belajar dan berimbas nilai yang kurang optimal di mata kuliah tersebut.

Baca juga: Adaro Logistics Buka Lowongan Kerja D4/S1, Ayo Daftar

Untuk mengatasi mata kuliah yang tidak disukai, mahasiswa bisa meningkatkan rasa ingin tahunya terhadap mata kuliah tersebut.

Jika kamu ingin mendapatkan nilai bagus pada mata kuliah yang tidak kamu disukai, mulai saat ini buang rasa malas dan tingkatkan rasa ingin tahu terhadap mata kuliah itu.

Rasa penasaran terhadap suatu hal dan keinginan untuk mencoba suatu hal baru harus kamu tumbuhkan agar bisa mendapatkan nilai bagus.

Mahasiswa juga perlu berusaha menikmati proses dalam setiap pembelajaran. Jika berada dalam situasi yang tertekan akan membuatmu merasa tidak nyaman dalam belajar.

Baca juga: Pakar Hukum Unair: Kekerasan Seksual di Kampus Merupakan Problem Nyata

Jika dalam kondisi itu, mahasiswa lebih baik jangan buru-buru untuk menyerah tapi nikmati setiap proses dalam belajar. Selain itu, jangan memaksakan diri untuk cepat menyukai mata kuliah itu.

Tips menyukai mata kuliah yang dibenci

Merangkum akun Instagram Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata, Minggu (24/10/2021), ada tips yang bisa dilakukan mahasiswa untuk menghadapi mata kuliah yang kurang disukai. Yuk simak bersama ulasan berikut ini.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+