Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa, Ini Tips Menyukai Mata Kuliah yang Dibenci

Kompas.com - 24/10/2021, 16:03 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi sebagian siswa tentu pernah merasa ada mata pelajaran yang kurang disukai. Rata-rata, siswa kurang menyukai pelajaran Matematika atau yang memiliki unsur berhitung.

Tapi ada juga siswa lain yang kurang menyukai pelajaran Sejarah karena dinilai membosankan. Atau pelajaran Pendidikan Kesehatan dan Jasmani karena merasa kurang bagus dalam hal olahraga.

Kondisi ini juga bisa terjadi saat duduk di bangku perkuliahan lho. Mahasiswa juga pernah merasakan kurang suka dengan mata kuliah tertentu.

Rasa kurang suka ini terhadap mata kuliah tertentu akan membawa dampak kurang bagus. Pasalnya mahasiswa akan malas belajar dan berimbas nilai yang kurang optimal di mata kuliah tersebut.

Baca juga: Adaro Logistics Buka Lowongan Kerja D4/S1, Ayo Daftar

Untuk mengatasi mata kuliah yang tidak disukai, mahasiswa bisa meningkatkan rasa ingin tahunya terhadap mata kuliah tersebut.

Jika kamu ingin mendapatkan nilai bagus pada mata kuliah yang tidak kamu disukai, mulai saat ini buang rasa malas dan tingkatkan rasa ingin tahu terhadap mata kuliah itu.

Rasa penasaran terhadap suatu hal dan keinginan untuk mencoba suatu hal baru harus kamu tumbuhkan agar bisa mendapatkan nilai bagus.

Mahasiswa juga perlu berusaha menikmati proses dalam setiap pembelajaran. Jika berada dalam situasi yang tertekan akan membuatmu merasa tidak nyaman dalam belajar.

Baca juga: Pakar Hukum Unair: Kekerasan Seksual di Kampus Merupakan Problem Nyata

Jika dalam kondisi itu, mahasiswa lebih baik jangan buru-buru untuk menyerah tapi nikmati setiap proses dalam belajar. Selain itu, jangan memaksakan diri untuk cepat menyukai mata kuliah itu.

Tips menyukai mata kuliah yang dibenci

Merangkum akun Instagram Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata, Minggu (24/10/2021), ada tips yang bisa dilakukan mahasiswa untuk menghadapi mata kuliah yang kurang disukai. Yuk simak bersama ulasan berikut ini.

1. Patahkan kesan negatif dengan mata kuliah tersebut.

2. Cari alasan kenapa kamu tidak suka? Upaya apa yang bisa dilakukan dan tingkatkan agar lebih menyukai mata kuliah tersebut.

3. Temukan alternatif belajar dari sumber lain.

4. Cari teman untuk sharing mata kuliah tersebut.

Baca juga: Universitas Brawijaya Peringkat Tiga Kampus Terbaik Versi 4ICU 2021

Itulah tips menyukai mata kuliah yang dibenci. Meski tidak menyukai mata kuliah tertentu, mahasiswa tetap harus belajar dan mengumpulkan tugas dengan tepat waktu agar tetap mendapat nilai optimal saat kuliah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com