Kompas.com - 14/10/2021, 14:31 WIB

KOMPAS.com – Sebanyak 166 mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) berhasil meraih prestasi sebagai peserta program magang bersertifikat Direktorat Jenderal (Dirjen) Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (14/10/2021), para mahasiswa UPI peraih prestasi sebagai peserta program magang yang tersebar pada 38 perusahaan dan lembaga di Indonesia.

Kepala Badan Bimbingan Konseling dan Pengembangan Karier (BKPK) UPI Yusi Riksa Yustiana memaparkan, pihaknya telah bekerja keras melakukan proses sosialisasi magang, memonitor kegiatan seleksi, dan berkomunikasi dengan tim kelompok kerja program magang.

Setelah hasil seleksi ditentukan, BKPK melanjutkan proses koordinasi dengan pimpinan program studi (prodi). Selanjutnya, pihak Kemendikbud Ristek akan memberikan fasilitas komunikasi antara perusahaan dan prodi.

Sebagai informasi, program magang bersertifikat merupakan bagian dari program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) Kemendikbud Ristek. Program ini bertujuan meningkatkan pengalaman dan kompetensi kerja mahasiswa di dunia industri dan profesi nyata, agar memiliki kesiapan dalam bekerja.

Baca juga: Apakah Peserta Magang atau Internship Harus Dibayar?

Menurut Kepala BKPK UPI, program magang tersebut merupakan kesempatan dan peluang bagi mahasiswa agar bisa cepat bekerja setelah lulus.

Sebab, dengan melaksanakan magang, mahasiswa akan mendapatkan pengelaman berharga dalam situasi kerja nyata. Pengalaman ini hanya bisa didapat di luar pendidikan formal di kampus.

Adapun bagi dunia industri, program magang akan bermanfaat sebagai referensi dalam penguatan tata kelola manajemen perusahaan.

Yusi berharap, mahasiswa dapat membangun diri melalui magang. Menurutnya, kegiatan ini akan membentuk mental dan life skill working para mahasiswa.

Baca juga: Ingin Magang dan Dibayar? Ada Lowongan Magang di Google Bagi Mahasiswa

Saat ini mahasiswa masih berkutat dengan buku, tetapi saat sudah bekerja nanti, mereka akan dihadapkan dengan beragam aktivitas dan harus beradaptasi di lingkungan kerja.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.