Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Lolos Seleksi IISMA, 19 Mahasiswa UPI Akan Kuliah di 16 Universitas di 12 Negara Berbeda

Kompas.com - 14/10/2021, 13:08 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sebanyak 19 mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) berhasil lolos seleksi program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA). Tidak hanya itu, mereka juga meraih prestasi dalam program IISMA.

Direktur International Affair UPI Ahmad Buchori Muslim menjelaskan, IISMA merupakan program yang dikembangkan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Program ini merupakan bagian dari Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang diselenggarakan Ditjen Dikti Kemendikbud Ristek.

Dalam IISMA, mahasiswa program sarjana di Indonesia diberi kesempatan untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan, bertukar gagasan dan budaya, serta mengembangkan jejaring dengan mahasiswa dan akademisi di perguruan tinggi luar negeri

Dia menjelaskan, program ini penting bagi para mahasiswa karena bisa mendapatkan pengakuan kredit dari perguruan tinggi dalam negeri (PTDN) dan perguruan tinggi luar negeri (PTLN).

Baca juga: Dua Tim Mahasiswa UPI Raih Juara 2 Nasional KMBK 2021

Mahasiswa juga bisa mengambil kelas sesuai passion, belajar dari universitas terbaik dunia, berinteraksi dan beradaptasi dengan kultur baru dari negara yang berbeda, dan membangun jejaring internasional.

“Mereka juga bisa menyiapkan diri untuk dapat terjun di tingkat global pada masa yang akan datang,” jelasnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (14/10/2021).

Secara nasional, peserta kegiatan IISMA diikuti 970 mahasiswa. Mereka akan diberangkatkan belajar di 28 negara di dunia.

Sementera itu, peserta dari UPI sebanyak 19 mahasiswa yang lolos seleksi untuk mengikuti perkuliahan di 16 universitas yang ada di 12 negara berbeda.

Kepala Seksi International Partnership Development Direktorat Urusan Internasional Tuszie Widhiyanti menambahkan, beberapa tahapan program IISMA telah dilaksanakan para peserta.

Baca juga: UPI Bandung Peringkat 1 Perguruan Tinggi untuk Indikator Sitasi, Menurut The World University Rankings 2022

Beberapa tahapan tersebut, yaitu tahapan seleksi peserta, penerimaan pengumuman hasil seleksi, menyelesaikan berbagai administrasi untuk persiapan keberangkatan, serta pelaksanaan kegiatan.

Sementara itu, tahapan kegiatan yang telah dilaksanakan pimpinan UPI, yaitu penyelenggaraan rapat koordinasi dosen, mahasiswa, pimpinan program studi, dan pimpinan Universitas.

Pimpinan UPI membahas berbagai ketentuan pencantuman nama dan bobot sistem kredit semester (SKS) mata kuliah yang diikuti mahasiswa di PTLN dan administrasi pelaksanaan kegiatan, serta kegiatan pelepasan mahasiswa UPI yang mengikuti program IISMA.

Adapun kesembilan belas mahasiswa UPI yang berhasil meraih prestasi sebagai peserta program IISMA adalah sebagai berikut.

Baca juga: Salip UGM, UPI Masuk 3 Besar Kampus Terbaik Indonesia THE WUR 2022

1. Mochamad Fadhillah Sidik, Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (FPEB), ditempatkan di Boston University, Amerika Serikat (AS),

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com