Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/09/2021, 18:13 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Dua tim mahasiswa Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (FPEB ) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) masing-masing meraih juara dua pada Kompetisi Ilmu Bisnis, Manajemen, dan Keuangan (KBMK) 2021.

Capaian prestasi juara tersebut disampaikan dalam acara penganugerahan pemenang KBMK 2021 yang diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Rabu (15/9/2021).

Rektor UPI Prof Dr M Solehuddin, MPd, MA serta Dekan FPEB UPI, Prof Dr Eeng Ahman, MS mengapresiasi seluruh tim mahasiswa, dosen pembimbing, serta panitia KBMK 2021 yang telah bekerja keras menyukseskan kegiatan KBMK pada tingkat universitas dan tingkat nasional.

Prof Dr M Solehuddin menjelaskan, KMBK yang diikuti para mahasiswa UPI merupakan kompetisi untuk mengevaluasi kemampuan akademik dan nalar mahasiswa dalam bidang ilmu.

“Selain itu, kompetisi ini juga merupakan sebuah upaya untuk mendekatkan kemitraan antara akademisi, dunia usaha dan pemerintah,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (21/9/2021).

Baca juga: UPI Bandung Peringkat 1 Perguruan Tinggi untuk Indikator Sitasi, Menurut The World University Rankings 2022

Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan UPI Prof Dr Didi Sukyadi menambahkan, capaian juara 2 Tingkat Nasional KMBK 2021 membuktikan mahasiswa UPI mampu mengikuti berbagai tahapan pelaksanaan seleksi dengan baik dan maksimal.

“Semoga prestasi yang telah diraih agar terus ditingkatkan untuk mendukung pencapaian visi, misi dan kinerja UPI,” harapnya selaku penanggung jawab penyelenggaraan seluruh program kemahasiswaan.

Dia menegaskan, pihaknya terus berupaya melakukan koordinasi, perencanaan, pembinaan serta evaluasi untuk seluruh kompetisi yang diikuti mahasiswa, baik yang diselenggarakan pada tingkat nasional maupun pada tingkat internasional.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FPEB Dr Lili Adi Wibowo, selaku ketua pelaksana menjelaskan, tim UPI yang berhasil masuk ke babak grand final tingkat nasional sebanyak 4 tim pada empat kategori.

Kategori tersebut, yakni Manajemen Pemasaran, Komersialisasi Riset dan Teknologi Tepat Guna, Manajemen Modal Insani, serta Karya Tulis Ilmiah.

Baca juga: Salip UGM, UPI Masuk 3 Besar Kampus Terbaik Indonesia THE WUR 2022

Dari empat tim pada empat kategori tersebut, sebanyak dua tim perwakilan UPI berhasil meraih juara dua pada tingkat nasional.

Dua tim mahasiswa UPI tersebut meraih juara dua untuk kategori Manajemen Pemasaran dan kategori Komersialisasi Riset dan Teknologi Tepat Guna.

Pada kategori Manajemen Pemasaran, UPI diwakili tim Maleo yang teridiri dari Ilham Satmata Perdana, Fauzan Noor Qolbi, dan Vera Nur Annisa dari program studi (prodi) Manajemen FPEB UPI.

Adapun tim tersebut dibimbing Dr Vanessa Gaffar yang merupakan dosen prodi Manajemen FPEB UPI.

Kategori Manajemen Pemasaran melombakan analisis studi kasus yang meminta mahasiswa mengembangkan perencanaan pemasaran yang didukung riset manajemen dan komunikasi pemasaran untuk pemasaran produk kendaraan listrik, baik konversi maupun full electric vehicle.

Baca juga: Tingkatkan Capaian Guru Besar, Rektor UPI: Setiap Dosen Punya Kesempatan

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com