Kompas.com - 14/10/2021, 12:51 WIB

Oleh: Hanun Aishy Marwa | MAN Tegal Jawa Tengah, Juara Kedua Festival Literasi Siswa Indonesia 2021

KOMPAS.com - Suara azan berkumandang ketika matahari mulai condong ke arah barat di Kampung Pesengkongan, Kelurahan Tegalsari, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal. Cahaya mentari di langit yang semula bersinar terang pun mulai temaram.

Penanda panggilan ibadah bagi umat Islam itu dilantunkan lelaki berusia 61 tahun dengan suara lantang.

Tak berapa lama kemudian, satu per satu warga muslim di Kampung Pesengkongan berdatangan dan memasuki musala seluas kurang lebih 8 x10 meter persegi, tempat azan salat asar tersebut dikumandangkan.

Total terdapat 15 orang dalam jemaah sore itu. Pria yang menyuarakan azan, Helmi Saleh, sekaligus bertindak menjadi imam. Mereka salat berjamah di lantai dua dengan merasakan hembusan angin Pesisir Utara yang menembus dari jendela dan sela-sela ukiran kayu dinding-dinding musala.

Tempat beribadah yang dipergunakan Helmi dan warga muslim Pesengkongan itu masih kukuh. Tiang-tiang kayu peyangganya berdiri tegak menopang atap berlapis kayu setinggi 4 meter tersebut.

Padahal usianya diperkirakan sudah mencapai dua abad! Helmi yang juga ketua takmir musala tersebut mengatakan orang-orang sekitar biasa menyebutnya Langgar Dhuwur.

Dia mengatakan musala ini dibangun orang Melayu keturunan Gujarat bernama Syeh Abdurrahman pada 1820. Bahan bangunan Langgar Dhuwur terdiri atas batu bata dengan kayu yang merupakan bekas kapal.

Langgar Dhuwur memiliki nilai histori dan merupakan salah satu cagar budaya di Kota Tegal. Wajar apabila tempat ibadah ini mendapatkan tempat istimewa di hati masyarakat sekitar.

Baca juga: Utoeh Ishak, Penjaga Terakhir Rencong Tradisional Aceh

Warga Pasekongan yang multietnis

 

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.