Kompas.com - 09/10/2021, 09:51 WIB
Ilustrasi ekonomi dan pertumbuhan. TOTO SIHONOIlustrasi ekonomi dan pertumbuhan.
|

KOMPAS.com - Meski pandemi Covid-19 belum usai, tetapi perekonomian di Indonesia harus terus bergerak. Hal ini agar masyarakat bisa tetap beraktivitas seperti biasa.

Terkait sektor ekonomi, sebenarnya ada dua sektor lain yang mampu membangkitkan perekonomian Indonesia. Apa saja itu?

Wakil Rektor bidang Riset dan Inovasi (Risnov) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Prof. Kuncoro Diharjo memberikan penjelasannya.

Baca juga: BPIP Ajak Sivitas Akademika UNS Perkokoh Pancasila

Menurutnya, kedua sektor itu ialah pertanian dan digital. Alasannya, selama 1,5 tahun lebih pandemi menerjang Indonesia, sektor pertanian dan digital memiliki tren yang sangat positif.

"Kita lihat pemilihan pemberdayaan sektor usaha selama pandemi Covid-19," ujar Prof. Kuncoro saat menjadi pembicara dalam Seminar Nasional “Pemberdayaan Masyarakat Guna Mendukung Produktivitas Pascapandemi”, Kamis (7/10/2021).

Dijelaskan, sektor yang bertahan lebih dari satu tahun dalam persentase tertinggi adalah pertanian sebesar 75 persen dan disusul IT sebesar 73,3 persen dan fintech sebesar 72,7 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, UMKM yang bergerak di sektor pertanian haruslah memanfaatkan keberadaan teknologi untuk memasarkan produknya secara online.

Adapun kombinasi dari sektor pertanian dan digital mampu membuat UMKM secara perlahan dan pasti dapat bangkit dari keterpurukan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Prof. Kuncoro juga menilai keputusan pemerintah yang mulai fokus untuk memperhatikan sektor pertanian tidak salah. Karena, selama pandemi Covid-19 salah satu kebutuhan yang dicari masyarakat adalah pangan.

Baca juga: Ini Tips Atasi Sesak Napas dari Mahasiswa UNS

"Di masa pandemi Covid-19, rata-rata UMKM hanya mendapat 10-15 persen dari omzet harian jika dibandingkan dengan kondisi normal," terang Prof. Kuncoro dikutip dari laman UNS.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.