Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BPIP Ajak Sivitas Akademika UNS Perkokoh Pancasila

Kompas.com - 04/10/2021, 12:21 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan Dies Natalis ke-25 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Jumat (1/10/2021).

Hadir pada acara tersebut Sekretaris Utama Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Dr. Drs. Karjono, S.H., M.Hum.

Menurut Karjono, UNS merupakan kampus benteng Pancasila, sehingga dipastikan semua programnya dan mata kuliahnya menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila.

Baca juga: Ini Bunyi dan Arti Lambang Sila Pancasila

Karena itu, ia mengajak sivitas akademika UNS untuk memperkokoh nilai-nilai Pancasila. Selain itu juga ditekankan bahwa UNS harus tetap konsisten dalam mencetak SDM unggul dan berkarakter di era digital saat ini.

"Membangun literasi digital itu tidak terlepas dari visi Universitas Sebelas Maret," terang Karjono seperti dikutip dari laman resmi BPIP.

"Visi tersebut kita tahu menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan teknologi dan seni yang unggul di tingkat nasional dan internasional dengan berdasarkan nilai luhur yaitu Pancasila," imbuhnya.

Kenapa Pancasila? Karena menurut dia, Pancasila juga harus ada di Kampus UNS. "Kenapa Pancasila harus ada di masyarakat, kenapa semuanya harus Pancasila karena kita tahu Pancasila satu-satunya ideologi negara yang harus kita jaga," tegasnya.

Dijelaskan, materi wajib pendidikan Pancasila untuk pendidikan formal dan informal tingkat PAUD sampai perguruan tinggi saat ini sudah di meja presiden untuk ditandatangani.

Baca juga: Arti Lambang Pancasila, Siswa Wajib Paham

"Ini menjadi sebuah harapan besar, karena dengan materi wajib pendidikan Pancasila diharapkan dapat memperkuat Ideologi," harapnya.

Dia juga menyebut bahwa era digital ini menjadi salah satu tantangan bagi ideologi Pancasila.

Karena banyaknya berita bohong, doktrinisasi yang mengarah kepada aksi-aksi radikalisme atau terorisme atau bahkan yang ingin menggantikan Pancasila dengan ideologi lain.

"Di era digital ini banyaknya yang ingin mengalihkan Ideologi Pancasila tidak terlepas level ASN, TNI-Polri, atau di dunia kampus, inilah yang sangat memprihatinkan," terangnya.

Karena itulah, Pancasila di era digital ini ingin disampaikan bahwa mengimplementasikan Pancasila untuk generasi milenial ini memang diperlukan, yakni dengan pendekatan-pendekatan dan juga strategi kekinian seperti lewat:

1. musik

2. film

3. olahraga

4. kuliner

5. dan lain-lain

Baca juga: Ini Tips Atasi Sesak Napas dari Mahasiswa UNS

Tentunya, dia juga mengajak kepada semua sivitas akademika UNS untuk terus bertindak pintar dan benar, sehingga UNS tetap menorehkan prestasi, inovasi, kreativitas baik dalam maupun luar negeri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com