Kompas.com - 04/10/2021, 12:21 WIB
Universitas Sebelas Maret (UNS) menempati peringkat ke 1.201+ dari 1.662 perguruan tinggi di dunia dalam pemeringkatan THE WUR 2022.

Tangkap layar laman UNSUniversitas Sebelas Maret (UNS) menempati peringkat ke 1.201+ dari 1.662 perguruan tinggi di dunia dalam pemeringkatan THE WUR 2022.
|

KOMPAS.com - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan Dies Natalis ke-25 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Jumat (1/10/2021).

Hadir pada acara tersebut Sekretaris Utama Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Dr. Drs. Karjono, S.H., M.Hum.

Menurut Karjono, UNS merupakan kampus benteng Pancasila, sehingga dipastikan semua programnya dan mata kuliahnya menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila.

Baca juga: Ini Bunyi dan Arti Lambang Sila Pancasila

Karena itu, ia mengajak sivitas akademika UNS untuk memperkokoh nilai-nilai Pancasila. Selain itu juga ditekankan bahwa UNS harus tetap konsisten dalam mencetak SDM unggul dan berkarakter di era digital saat ini.

"Membangun literasi digital itu tidak terlepas dari visi Universitas Sebelas Maret," terang Karjono seperti dikutip dari laman resmi BPIP.

"Visi tersebut kita tahu menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan teknologi dan seni yang unggul di tingkat nasional dan internasional dengan berdasarkan nilai luhur yaitu Pancasila," imbuhnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kenapa Pancasila? Karena menurut dia, Pancasila juga harus ada di Kampus UNS. "Kenapa Pancasila harus ada di masyarakat, kenapa semuanya harus Pancasila karena kita tahu Pancasila satu-satunya ideologi negara yang harus kita jaga," tegasnya.

Dijelaskan, materi wajib pendidikan Pancasila untuk pendidikan formal dan informal tingkat PAUD sampai perguruan tinggi saat ini sudah di meja presiden untuk ditandatangani.

Baca juga: Arti Lambang Pancasila, Siswa Wajib Paham

"Ini menjadi sebuah harapan besar, karena dengan materi wajib pendidikan Pancasila diharapkan dapat memperkuat Ideologi," harapnya.

Dia juga menyebut bahwa era digital ini menjadi salah satu tantangan bagi ideologi Pancasila.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.