Kompas.com - 23/09/2021, 19:02 WIB
ilustrasi sabun Shutterstockilustrasi sabun
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Sekelompok mahasiswa UGM mengajarkan masyarakat membuat sabun dari bahan dasar minyak jelantah.

Masyarakat yang diajarkan adalah ibu-ibu PKK Dusun Bayalangu, Kecamatan Purwanegara, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Baca juga: Mahasiswa UGM Teliti Sentimen Negatif Indonesia-Malaysia, Ini Hasilnya

Mahasiswa itu terdiri dari Dwiana Putri Setyaningsih (Geografi 2019), Qoryroh (Fisipol 2020), Youngky Sulistio (Teknik 2019), dan Achmad Firmansyah (Teknik 2019).

Kegiatan mereka masuk dalam program Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) bidang Pengabdian Masyarakat yang lolos dari investasi Kemendikbud Ristek tahun 2021 ini.

Dwiana, salah satu mahasiswa, mengatakan minyak jelantah yang menjadi limbah rumah tangga tersebut selama ini hanya dibuang begitu saja oleh masyarakat ke tanah, saluran air, maupun selokan.

Dwiana dan kawan-kawan melihat tindakan seperti itu dapat membahas lingkungan dan menyumbat saluran udara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Atas pelatihan itu, masyarakat juga bisa menghasilkan lebih dari 100 mililiter (mL) minyak jelantah setiap hari.

"Setelah melakukan proses penggorengan, ibu-ibu Dusun Bayalangu langsung membuang minyak jelantah begitu saja. Beberapa yang lainnya menggunakan minyak jelantah secara terus menerus untuk memasak, hal ini tentunya berdampak buruk pula bagi kesehatan," kata dia melansir laman UGM, Kamis (23/9/2021).

Baca juga: Psikolog Unair Beri Tips Jitu Asuh Anak Berkebutuhan Khusus

Dwiana mengungkapkan keputusan untuk mengajarkan pengolahan minyak jelatah menjadi sabun turut dilatarbelakangi oleh pertimbangan kepada situasi pandemi Covid-19 saat ini.

Dengan adanya pandemi tersebut, masyarakat kemudian diharuskan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan 5M dimana salah satunya adalah mencuci tangan menggunakan sabun.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.