Kompas.com - 23/09/2021, 17:35 WIB
Ilustrasi mahasiswa, kampus, universitas, perguruan tinggi ShutterstockIlustrasi mahasiswa, kampus, universitas, perguruan tinggi
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Menko PMK, Muhadjir Effendy mengingatkan mahasiswa dan kalangan perguruan tinggi untuk memahami gaung Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM).

Gerakan revolusi mental yang digaungkan ini, kata dia, untuk kemajuan bangsa.

Baca juga: Nadiem Makarim Minta Kampus Tak Takut Buka PTM Terbatas

"Itu demi menghadapi tantangan saat ini mulai dari pemberantasan korupsi, krisis integritas, membangun iklim demokrasi yang baik, mewujudkan pemerintahan bersih hingga menekan angka kemiskinan," ucap dia saat telekonferensi bersama mahasiswa dan rektoran Universitas Ivet Semarang, Kamis (23/9/2021).

Muhadjir menyemangati mahasiswa supaya ke depan bersedia membuat perubahan dan lompatan besar untuk membangun negeri ini.

Dia menyebut, revolusi mental pertama kali digelorakan Presiden Soekarno, ketika bangsa ini lepas dari cengkeraman penjajah ternyata masih dipengaruhi sikap dan mental kolonialisme.

Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental, Pemajuan Kebudayaan dan Peningkatan Olahraga Kemenko PMK, Didik Suhardi menjelaskan, melalui gerakan seni budaya yang dilakukan LSBO PP Muhammadiyah dapat memunculkan perubahan perilaku positif dalam melakukan revolusi mental.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan begitu dapat dijadikan sebagai acuan bagi masyarakat secara luas.

"Jangan berhenti di sini, harus belanjut ke moral action," jelas dia.

Kerjasama dalam menjalankan revolusi mental

Pemerintah menandatangani memorandum of understanding (MoU) atau nota kesepahaman dengan PBNU, Muhammadiyah, PGRI, dan Forum Rektor untuk meneruskan dan implementasikan program Gerakan Nasional Revolusi Mental.

Baca juga: Kemendikbud Ristek: Perguruan Tinggi DKI Jakarta Bersiap Jalani PTM Terbatas

Gerakan Nasional Revolusi Mental merupakan program prioritas pemerintah yang sudah dilaksanakan dari periode sebelumnya, tetapi sulit dalam implementasinya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.