Kompas.com - 23/09/2021, 12:27 WIB
UMM siap menyelenggarakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT). DOK. UMMUMM siap menyelenggarakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT).

KOMPAS.com - Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) siap menyelenggarakan kuliah tatap muka terbatas.

Hal ini, dilakukan untuk menyikapi peraturan terbaru dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) tentang Pembelajaran Tatap Muka terbatas (PTMT).

Kampus Putih telah menyiapkan skema pembelajaran baru untuk semester ganjil mendatang.

Skema tersebut meliputi pelaksanaan pembelajaran secara daring-luring untuk para mahasiswa angkatan tahun 2020.

Baca juga: Daftar Aturan Kuliah Tatap Muka Terbatas, Mahasiswa Wajib Tahu

Kepala Lembaga Informasi dan Komunikasi (Infokom), Suyatno mengatakan bahwa pelaksanaan kuliah tatap muka terbatas ini dilakukan bagi para mahasiswa semester tiga yang sudah ada di Malang.

Sementara bagi mereka yang berada di luar Malang dan terhalang untuk pergi ke kampus, akan tetap mengikuti pembelajaran secara online.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Ini merupakan salah satu upaya kami untuk membatasi kuota mahasiswa yang datang ke kampus. Selain itu, kami juga akan menentukan kuota maksimal untuk masing-masing kelas offline yang nantinya dilaksanakan,” ungkap dosen Fakultas Pertanian dan Peternakan (FPP) itu dilansir dari rilis UMM. 

Untuk mendukung skema baru tersebut, Suyatno mengatakan bahwa Infokom telah memfasilitasi para dosen dan mahasiswa dengan platform Learning Management System (LMS).

Pembelajaran PTMT ini akan dibagi menjadi dua tipe yaitu secara langsung dan tidak langsung. Pembelajaran langsung secara offline akan dilakukan di kampus dan secara online akan dilakukan dengan batuan zoom maupun google meet.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 di Malaysia dan Pilihan Kampus Terbaik 2022

“Sementara platform LMS berfungsi untuk pembelajaran tidak langsung seperti pemberian tugas, ujian, dan presensi mahasiswa. Terbaru, kami juga mengembangkan fitur baru yakni presensi untuk dosen dan durasi waktu mengajar ketika menggunakan LMS,” kata dosen asal Rembang tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.