Kompas.com - 22/09/2021, 10:38 WIB
Lapangan pekerjaan untuk lulusan Bahasa Korea yang paling populer adalah menjadi translator dan interpreter yang dibutuhkan di perusahaan-perusahaan Korea di Indonesia. Dok UnasLapangan pekerjaan untuk lulusan Bahasa Korea yang paling populer adalah menjadi translator dan interpreter yang dibutuhkan di perusahaan-perusahaan Korea di Indonesia.
|

KOMPAS.com - Beberapa negara di Asia kini menjadi negara maju. Sebut saja Jepang, China, dan Korea Selatan. Terlebih di dunia industrinya.

Untuk itulah, penting sekali mahasiswa agar mengenal tiga bahasa dari negara tersebut. Sebab, potensinya dengan adanya ASEAN Community ini adalah mobilitas mahasiswa.

Hal itu disampaikan Dr.rer.nat. AB Susanto, MSc., Dosen FPIK Universitas Diponegoro (Undip) yang juga Deputy Director ASEAN-China Theacher Training and Development Center pada Orasi Ilmiah Rapat Senat Terbuka dalam rangka Dies Natalis ke-57 FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) secara daring, Sabtu (18/9/2021).

Baca juga: Mahasiswa UNY Gagas Transportasi Umum Ramah Lingkungan di DIY

Susanto meminta agar mahasiswa dan dosen didorong mobilitasnya baik virtual maupun luring ke-3 negara ini karena perkembangan ekonomi yang luar biasa.

Dalam kegiatan pembelajaran berilah kesempatan fokus pada teknologi maupun bahasa di 3 negara ini selain bahasa Inggris yang sudah menjadi standar.

"Saya menyarankan begitu karena kita akan menjadi negara terbaik bidang ekonomi," ujar Susanto seperti dikutip dari laman UNY, Selasa (21/9/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurutnya, pada 2045 Indonesia akan menjadi terbaik ke-7 bidang ekonomi. Maknanya pendapatan perkapita minimal 1.500 USD.

Jika 1 USD adalah Rp 15.000,00 maka kalau alumni dari FMIPA bekerja gajinya minimal Rp 25 juta. Nantinya akan terjadi persaingan kerja global.

"Oleh karena itu kita harus membuat jejaring baik dilevel nasional, regional maupun internasional supaya jadi pemenang," tegasnya.

Sementara Rektor UNY, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes.,AIFO., dalam sambutannya mengatakan, prestasi UNY dibidang kemahasiswaan tidak lepas dari kontributor utama yaitu mahasiswa FMIPA.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.