Kompas.com - 22/09/2021, 09:52 WIB
Ilustrasi mahasiswa internasional. ShutterstockIlustrasi mahasiswa internasional.

KOMPAS.com - Melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri menawarkan sejumlah nilai lebih bagi para pelajar. Salah satunya ialah merasakan belajar di universitas terbaik dunia.

Selain itu, kuliah di luar negeri juga akan meningkatkan kesempatan kamu untuk memulai karier di luar negeri, lebih fasih berbahasa asing, memperkaya pengalaman, mengasah kemandirian, hingga kesempatan untuk melanjutkan studi lebih tinggi melalui program beasiswa.

Namun, kuliah di luar negeri tanpa beasiswa atau beasiswa parsial tentu membuat kamu harus menyiapkan biaya pendidikan dan biaya hidup yang tidak sedikit.

QS World Rankings melalui laman resmi mereka memberikan beberapa pilihan negara yang menawarkan biaya rendah atau bahkan biaya kuliah gratis:

Baca juga: Beasiswa S1 Korea Selatan, Kuliah Gratis dan Tunjangan Rp 10 Juta Per Bulan

Ilustrasi Finlandia - Pemandangan Kota Helsinki.SHUTTERSTOCK/Mistervlad Ilustrasi Finlandia - Pemandangan Kota Helsinki.

Negara Skandinavia (Denmark hingga Finlandia)

Negara Skandinavia dikenal karena kualitas hidup yang baik dan pemandangan alam menakjubkan, termasuk memiliki sistem pendidikan tinggi terbaik di dunia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Negara-negara Nordik, seperti Denmark, Finlandia, Eslandia, Norwegia, dan Swedia, menawarkan kesempatan kuliah gratis atau dengan biaya rendah.

Di Norwegia misalnya, studi universitas tersedia gratis untuk semua mahasiswa untuk semua jenjang dan kebangsaan.

Baca juga: Beasiswa S1 Oxford-Cambridge 2022, Kuliah Gratis dan Tunjangan Hidup

Di Jerman, mahasiswa hanya perlu membayar biaya semester sekitar 33-66 dollar AS atau Rp 469.000 - Rp 938.000. Hanya saja, mayoritas program sarjana diajarkan hanya dalam bahasa Norwegia.

Pada tingkat master dan PhD, program bahasa Inggris jauh lebih umum dan biaya kuliah gratis masih berlaku.

Di Eslandia, tidak ada biaya kuliah yang dibebankan di empat universitas negeri di negara itu, dengan hanya biaya pendaftaran sekitar 600 dolar AS atau sekitar Rp 8,5 juta setahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.