Kompas.com - 15/09/2021, 14:14 WIB
Presiden Joko Widodo berikan sambutan pada Dies Natalis Unand ke-65 Foto: Screenshoot VideoPresiden Joko Widodo berikan sambutan pada Dies Natalis Unand ke-65
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku, perguruan tinggi harus memfasilitasi mahasiswanya untuk mengembangkan talentanya dan mengubah pola-pola lama agar dapat mengatasi perubahan dunia yang terjadi.

Pernyataan itu disampaikan Jokowi dalam Pertemuan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) yang dilaksanakan di Auditorium Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta, Senin (13/9/2021).

Baca juga: Jokowi Minta IPB Jadi Kampus Pelopor Inovasi Indonesia

Dia mengingatkan, saat ini kita berada pada transisi perubahan besar dunia yang harus diantisipasi.

Karenanya, Jokowi berpesan agar para rektor perguruan tinggi memberikan mahasiswa kemerdekaan untuk belajar.

"Belajar kepada siapa saja, belajar kepada praktisi, belajar kepada industri karena sebagian besar nanti akan menjadi praktisi. Itulah esensi Merdeka Belajar, dimana mahasiswa merdeka untuk belajar. Dan kampus juga memperoleh kemerdekaan untuk berinovasi," kata dia melansir laman Kemendikbud Ristek, Rabu (15/9/2021).

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Anwar Makarim mengatakan, sesuai arahan Presiden, para rektor harus terus memberikan dukungan untuk bersama-sama mendorong transformasi pendidikan perguruan tinggi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Merdeka Belajar Kampus Merdeka bukan perubahan yang kecil, ini perubahan yang besar. Dengan harapan bisa mengejar ketertinggalan dan bahkan lompat melampaui negara-negara maju," sebut dia.

Dia menjelaskan, mengenai program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang arahnya dapat diketahui dengan melihat delapan Indikator Kinerja Utama (IKU), yaitu:

1. Lulusan mendapat pekerjaan yang layak.

2. Mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus.

Baca juga: 3 Mahasiswa IPB Rancang Model Pariwisata Halal di Padang

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.