Kompas.com - 21/08/2021, 18:32 WIB
Ilustrasi guru, Hari Guru Nasional ShutterstockIlustrasi guru, Hari Guru Nasional

KOMPAS.com - Bagi para guru yang tengah mengikuti seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), kini ada kabar baik.

Pasalnya, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) bersama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) tengah berkoordinasi untuk penambahan formasi PPPK.

Jika guru honorer ada yang belum dapat menembus seleksi PPPK tahun ini, maka tak perlu khawatir.

Baca juga: Stres Tak Selalu Buruk, Psikiater Unair Jelaskan Cara Kelola Stres

"Kalau belum termasuk yang lolos, jangan kecil hati karena kita sedang mengajukan kebutuhan lagi," kata Sekretaris Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Nunuk Suryani dalam Silaturahmi Merdeka Belajar di laman Youtube Kemdikbud RI.

Ia mengatakan formasi tambahan itu merupakan selisih dari formasi yang diajukan pemerintah daerah (Pemda) pada tahun ini. Total pengajuan dari Pemda tahun ini sebanyak 506.247 formasi.

Sementara, Kemendikbud Ristek menargetkan merekrut satu juta guru PPPK. Namun dari data, masih ada selisih 493.753 formasi untuk guru PPPK.

Karena itu, pada tahun depan, Kemendikbud Ristek meyakinkan kalau lowongan formasi guru PPPK akan lebih banyak.

"Kita sediakan formasi 1 juta, tapi daerah tidak mengajukan formasi, tidak sebesar yang dibutuhkan sehingga hanya 506 ribu," imbuhnya.

Jadi, bagi para pelamar yang belum berhasil, tetap dapat bersaing sebagai guru PPPK di 2022. Tahun depan, tetap ada kemungkinan jika formasi turut ditambah jumlahnya.

"Ada kesempatan tahun 2022 nanti, kami sedang melakukan verifikasi dan update data selisih 506 ribu ini, ditambah guru yang akan pensiun, jadi sekitar 700 ribuan. Sekarang sedang sinkronisasi untuk usulan," kata Nunuk.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.