Kompas.com - 19/04/2021, 13:00 WIB
Ilustrasi peluang bisnis digital. ThinkstockIlustrasi peluang bisnis digital.

KOMPAS.com - Memiliki kepribadian inovatif itu sangat diperlukan bagi para pelajar termasuk lulusan kampus.

karena, berjiwa Inovatif selalu memiliki ide yang kreatif, dan jika bisa dimanfaatkan akan sangat berguna bagi kemajuan lingkungan sekitar.

Tetapi, bagaimana cara mengembangkan diri agar bisa berjiwa inovatif? Ternyata hal ini bisa dilatih lewat kebiasaan sehari-hari. Melansir dari laman jatimcerdas.id, Berikut lima tipsnya yang bisa kamu ikuti untuk menambah sisi inovatif mu:

Baca juga: Universitas Pertahanan RI Buka Beasiswa S2-S3, Bebas Biaya Kuliah

Mulai dari hal hal kecil

Kamu bisa memulai dari kehidupan sehari-hari. Misal saat kamu berada di ruang kerja, kamu bisa coba memikirkan ide agar pemikiran inovatif bisa muncul untuk menghasilkan sesuatu yang mampu meringankan pekerjaanmu.

Misalnya, mencari ide bagaimana menciptakan tempat atau alat penyimpanan arsip arsip, agar bisa lebih mudah tersusun dan sangat gampang saat dicari. Itu bisa menjadi inovasi baru dari sesuatu yang sudah ada.

Apapun hal di sekelilingmu, jadikan inspirasi

Mulai perhatikan sekelilingmu, temukan masalah yang ada, kemudian cari ide untuk menyelesaikannya.

Misal saat hendak minum kopi tapi kamu berkendala dengan suhu panas dari kopi tersebut, maka kendala tersebut bisa jadi inspirasi. Kamu bisa menghasilkan ide yang cemerlang dan berharga tinggi, yaitu gelas yang bisa menyesuaikan suhu air kopi yang ingin kamu minum setiap saat.

Baca juga: 5 Tips agar Presentasi Virtual Makin Menarik

Pergunakan skill

Jika kamu ahli dalam suatu bidang, mulailah berpikir bagaimana cara mengembangkan keahlianmu untuk mendapatkan suatu ide ide yang cemerlang. Coba buat daftar apa saja hal di bidang pekerjaan atau skill yang kamu dalami, yang kini sudah tidak relevan lagi.

Hal-hal itu bisa kamu cari gantinya atau solusinya, untuk diperbarui dan disesuaikan dengan perkembangan zaman. Ini bisa menambah nilai jual tinggi untuk pekerjaanmu, juga memudahkan dalam bekerja.

Pertajam naluri bisnis

Di masa pandemi ini, banyak perusahaan atau pelaku bisnis yang terpaksa gulung tikar karena tidak bisa melihat peluang. Tapi pelaku bisnis yang bernaluri tajam akan cepat berpikir dan melakukan inovasi, baik dalam produknya maupun dalam pelayanan bisnisnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X